BUKU TAMU

Satriono Dzikru qolbudin
Hormat. Ini sya Dzikru dari salatiga, maaf pak izin menanyakan ,thun ini sya akan daftar Bintara AU, tapi sya msih bingung pr...
Jonathan Noga
Selamat malam bapak/ibu bidang perekrutan, Saya Jonathan Noga Soeitoe, berminat untuk bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia...
Leonny
Selamat malam,   Kami sekeluarga hadir di acara pagi tadi (Minggu, 9 April) di Halim Perdanakusuma.  Masukan dari kami:...
fendra dwi wicaksono
Assalamuallaikum Slamat pagi mohon ijin bertanya bapak atau ibu, saya mau tanya tentang pembukaan cata tni au gel 2 kira kira dibu...
Wira andhika
Assalamualaikum saya mau bertanya  pendaftaran bintara au ta 2017 apa di undur tanggal 02 mei-04 juni saya mengetahui informa...
Angga nur samudro
Assalamualaikum wr.wb Izin bertanya pak, lulusan SePapk TNI AU bisa tidak pak mendaftarkan diri jadi den bravo Paskhas, Mohon info...
Angga Nur Samudro
Assalamualaikum Wr.Wb Selamat malam pak, Izin bertanya. Untuk pemdaftaran SePapk TNI ijazahnya minimal d3 atau d4 pak, Mohon infor...
m ikhsan irsyandi
Assalamu alaikum wr.wb Sekamat siang Izin bertanya untuk lahir  tanggal 12 september 1995 apakah masih bisa ikut daftar? Teri...
Lia Wanadriani
Selamat siang, saya Lia Wanadriani, wartawan Antaranews. Saya bermaksud menulis mengenai TNI AU Indonesia, namun saya masih kekura...
Mahlul Nasution
Selamat Pagi min TNI AU,, dalam rangka memperingati HUT TNI AU 71 Tgl 9 Apr besok, apakah ada acara atraksi pespur di lanud soewon...
Muhammad Maulana
Assalamu'alaikum wr. wb. Pak saya ingin bertanya, kapan dimulainya tahapan seleksi Taruna AAU ?Terima Kasih
Ayu Kurnia
Assalamualaikum  Mau tanya, tahun ini Caba umumnya untuk wanita apakah ada?atau hanya ada yang program khusus wara pramugari?...
M.Fajar Maulana
Assalamu'alaikum maaf saya mau tanya ,, kalo gigi yang kurang rapih dan ada bolong apa masih bisa masuk ?? Terima kasih
Alfan Muhamad Rahman
Yth. Panitia Kegiatan Bulan Dirgantara 2017 Selamat siang, Mohon izin mempernalkan diri, nama saya Alfan Muhamad Rahman CEO Flying...
Siti Suhartinah Amir
Assalamu alaikum Ijin bertanya, untuk Pendaftaran PNS TNI kapan dimulai dan alamat web atau linknya apa..terima kasih sebelumnya..

Disinfolahtaau

MARSMA TNI Ir. Andaruna Setiawan

KEPALA DINAS INFORMASI DAN PENGOLAHAN DATA TNI AU

Tugas Pokok

TUGAS POKOK 

Disinfolahtaau bertugas membina dan menyelenggarakan sistem informasi yang meliputi pembangunan, pengembangan, pemeliharaan, dan penyiapan sistem informasi TNI Angkatan Udara secara elektronik yang meliputi bidang intelijen, operasi, personel, logistik/materiil, dan manajemen serta melaksanakan pemeliharaan perangkat sistem informasi TNI AU.

Visi & Misi

VISI DAN MISI 

Visi

Terwujudnya sistem informasi TNI AU yang andal, aman dan akurat dalam rangka mendukung tugas TNI AU.

Misi

1.   Mewujudkan pembinaan dan penyelenggaraan sistem informasi TNI AU di bidang intelijen, operasi, personel, logistik/materiil, dan manajemen dalam rangka pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI AU.

2.     Menjaga kualitas pembangunan, pengembangan dan penyiapan sistem informasi TNI AU dan memelihara agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh satuan pengguna.

3.    Beradaptasi dengan dinamika perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dengan berorientasi pada efisiensi dan efektifitas yang berhasil guna dan berdaya guna.

4.   Meningkatkan pengamanan sistem informasi TNI AU agar terhindar dari gangguan, kebocoran data dan informasi.

5.    Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi sebagai pengawak sistem informasi TNI AU dengan integritas moral dan etika yang tinggi.

Profil

Lahir di Surabaa pada tanggal 25 April 1960, diterima menjadi Calon Prajurit Taruna, dan dilantik sebagai Letnan Dua pada tahun 1985. Mengikuti pendidikan Sesko TNI Angkatan 35. Pada tanggal 9 Juni 2016 dilantik menjadi Kadisinfolahtau sampai sekarang.

_______________________________

Sejarah

SEJARAH

PERKEMBANGAN ORGANISASI INFOLAHTA

1. Perkembangan Organisasi Infolahta Tingkat Mabesau (Disinfolahtaau)

a. Biro Pengolahan Data disingkat Rolahdata.

Perkembangan kepullahtaan di TNI AU diawali dengan datangnya komputer generasi pertama Unit Record merk IBM pada tahun 1964 di jawatan Mekadmin (Mekanisasi Administrasi), yang pada waktu itu masih berada langsung di bawah Deputi Menteri Pangau urusan Administrasi (DMPA).    Beberapa tahun kemudian jawatan Mekadmin berubah menjadi Biro Pengolahan Data (Rolahdata) yang berada di bawah Disminpers (Janminpersau).

b. Dinas Pengumpulan dan Pengolahan Data TNI AU disingkat Dispullahtau.  

Tahun 1974, dari sebuah biro pengolahan data di bawah Janminpersau ditingkatkan menjadi Dinas dengan nama Dinas Pengumpulan dan Pengolahan Data (Dispullahta).

2. Dasar.   Dispullahta dibentuk dengan dasar sebagai berikut:

a) Keputusan Menhankam/Pangab Nomor KEP/14/IV/1976 jo KEP/A/33/VI/1971 tanggal 13 April 1976, tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara.

b) Keputusan Kasau Nomor KEP/55/XXII/1977 tanggal 15 Desember 1977 tentang Struktur Organisasi Badan-Badan tingkat Mabes TNI AU.

3. Kedudukan dan Tugas Pokok. Sesuai Kep Kasau Nomor KEP/55/XII/1977 tentang Kedudukan dan Tugas Pokok Dispullahtau adalah:

a) Eselon Organisasi tingkat Markas Besar dengan status Badan Pelaksana Pusat dan berkedudukan langsung di bawah Kasau.

b) Membina Sistem Informasi Pembinaan TNI AU yang mengunakan Pengolahan Data dan Penyajian Informasi pada tingkat pusat untuk TNI AU.

4. Reorganisasi Dispullahta.

Dalam reorganisasi TNI AU tahun 1984, Dispullahtau terbentuk dengan Kep. Pangab Nomor KEP/10/P/III/1984 tenggal 31 Maret 1984 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan prosedur Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udata (TNI AU) dan Kep. Kasau Nomor Kep/22/III/1985 tanggal 11 Maret 1985 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Badan Pelaksana Pusat.

Dalam Keputusan Pangab tersebut Dispullahtau bertugas membina dan melaksanakan fungsi pengumpulan, pengolahan dan panyajian data dalam rangka sistem informasi pembinaan TNI AU yang meliputi bidang personel, materiil, keuangan dan operasi.

Kadispullahtau dalam pelaksanaan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Kasau, dalam pelaksaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Asrena Kasau.

5. Disinfolahtaau.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya Disinfolahtaau dibantu empat Subdis yaitu Subdisbangsis, Subdissidukmin, Subdissidukops dan Subdisduknis.    Subdisbangsis sebagai penangungjawab pengembangan sistem semua aplikasi yang dibangun, Subdissidukmin sebagai penyelenggara aplikasi bidang dukungan administrasi, Subdissidukops sebagai penyelenggara aplikasi bidang operasi, dan Subdisduknis sebagai penanggungjawab terhadap dukungan teknis perangkat aplikasi ataupun perangkat perkantoran.

6. Seiring berjalannya waktu pada tahun 2014 diadakan revisi organisasi Disinfolahtaau.

Subdisbangsis menjadi Subdissiduklog bertanggungjawab dalam pembangunan dan penyelenggaran aplikasi bidang logistik.

Subdissidukmin menjadi Subdissidukpers bertanggungjawab dalam pembangunan dan penyelenggaran aplikasi bidang personel.

Subdissidukops bertanggungjawab dalam pembangunan dan penyelenggaran aplikasi bidang operasi.

Subdisduknis menjadi Subdisduksismin bertanggungjawab dalam pengadaan dan penyelenggaran perangkat pendukung perkantoran dan ditambah dengan dibentuknya Pustasisinfo yang bertanggungjawab dalam penyelenggaran pusat data sebagai peNomorpang dari seluruh aplikasi.

 

Perkembangan Organisasi Infolahta Tingkat Kotama

a. Infolahta Koopsau I.

Dispullahta Koopsau I dibentuk berdasarkan Kep. Kasau Nomor Kep/25/III/1985 tanggal 11 Maret 1985 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Koops I beserta satuan jajarannya. Perubahan nama menjadi Infolahta Koopsau I berdasar Peraturan Kasau Nomor Perkasau/174/XII/2011 tanggal 28 Desember 2011 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Koops I.

b. Infolahta Koopsau II.

Dibentuk berdasarkan Kep. kasau Nomor Kep/26/III/1985 tanggal 11 Maret 1985 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Koops II beserta satuan Jajarannya.  Perubahan nama menjadi Infolahta Koopsau II berdasar Peraturan Kasau Nomor Perkasau/176/XII/2011 tanggal 28 Desember 2011 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Koops II.

c. Infolahta Koharmatau.

Tahun 1978 merupakan tahun awal berdirinya dengan nama Dispullahtau Koharmatau dibentuk berdasarkan Kep. Kasau Nomor Kep/19/V/1978 tanggal 27 Mei 1978 tentang Pokok-Pokok Organisasi Kotama TNI AU. Dispullahta Koharmatau ini sejak lahir sudah dilengkapi dengan Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Personel bahkan sistem komunikasi langsung ke DAASO USA yang disebut Data Phone. Aplikasi yang diolah adalah Sipmat Alutsista, khususnya pesawat terbang.  Selanjutnya, tahun 1985 terjadi revisi sesuai Kep Kasau Nomor Kep/24/III/1985 tanggal 11 Maret 1985 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Koharmatau beserta satuan jajarannya.  Perubahan nama menjadi Infolahta Koharmatau berdasar Peraturan Kasau Nomor Perkasau/112/XII/2011 tanggal 02 Desember 2009 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Koharmatau.

d. Infolahta Kodikau.

 Dibentuk berdasarkan Kep Kasau Nomor Kep/23/III/1985 tanggal 11 Maret 1985 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Kodikau beserta satuan jajarannya.

e. Infolahta Korpaskhas.

Infolahta Korpaskhas dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 11 Tahun 2013 tanggal 25 Juni 2013 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Makorpaskhas.

 

Perkembangan Organisasi Infolahta Tingkat Satuan

a. Awal Infolahta di Satuan

1) Wing Udara.

Realisasi pelaksanaan Sipmat Alutsista tahap awal ditingkat Wing Udara dimulai dengan dipasangnya perangkat keras di Wing 300 Iwj, di Wing Ops 001 Hlm dan Wing Ops 004 Ats serta Wing Dik 1 Adi. Struktur Organisasi Pullahta di Wing Ops Ini sampai sekarang belum tertampung, untuk sementara masih berada di bawah koordinasi Kadislog Wing Ops.

2) Satker Lainnya.

Penggunaan komputer mikro telah banyak dilaksanakan di Satker-satker baik diluar maupun dilingkungan Mabes TNI AU. Satker ditingkat Mabes TNI AU yang telah mengunakan komputer mikro adalah Dislibangau, Janlanau, Lakespra, Disprovoost, Disbekumau, Jankomlekau, Srena dan Slog Kasau, AAU. Sedangkan rencana berikutnya akan dipasang di Seskoau, Jankuau, Setumau dan Ruang Suryadarma. Di Skadik 103 Adi terdapat komputer mikro ex tim HS Hawk yang dipakai untuk mengolah nilai Siswa Penerbang. Khusus Ditrendalpers tidak memakai komputer mikro, tetapi mengunakan satu set terminal (intelijen) dan printer yang dapat mengakses data ke Sistem S-80 di Dispullahtau.

b. Infolahta Lanud Jajaran Koopsau I.

1) Infolahta Lanud HLM.

Infolahta Lanud HLM dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 35 Tahun 2013 tanggal 20 Desember 2013 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Lanud HLM.

2) Infolahta Lanud ATS.

Infolahta Lanud ATS dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 11 Tahun 2014 tanggal 09 April 2014 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Lanud ATS.

3) Infolahta Lanud SDM.

Infolahta Lanud SDM dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 15 Tahun 2015 tanggal 25 Juni 2015 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Lanud SDM.

4) Infolahta Lanud RSN.

Infolahta Lanud RSN dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 11 Tahun 2015 tanggal 25 Juni 2015 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Lanud RSN.

5) Infolahta Lanud SPO.

Infolahta Lanud SPO dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 12 Tahun 2015 tanggal 25 Juni 2015 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Lanud SPO.

6) Infolahta Lanud WSA.

Infolahta Lanud WSA dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 3 Tahun 2015 tanggal 02 Februari 2015 tentang Penetapan dan Pengesahan Peningkatan Status Lanud Tipe D menjadi tipe C untuk Lanud SW-II, WSA dan SKI.

7) Infolahta Lanud SKI.  

Infolahta Lanud SKI dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 3 Tahun 2015 tanggal 02 Februari 2015 tentang Penetapan dan Pengesahan Peningkatan Status Lanud Tipe D menjadi tipe C untuk Lanud SW-II, WSA dan SKI.

c. Infolahta Lanud Jajaran Koopsau II

1) Infolahta Lanud ABD.  Infolahta Lanud ABD dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 7 Tahun 2014 tanggal 26 Maret 2014 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Lanud ABD.

2) Infolahta Lanud IWJ.   Infolahta Lanud IWJ dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 5 Tahun 2014 tanggal 26 Maret 2014 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Lanud IWJ.

3) Infolahta Lanud HND.   Infolahta Lanud HND dibentuk berdasarkan Peraturan Kasau Nomor 37 Tahun 2013 tanggal 20 Desember 2013 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Lanud HND.

Struktur Organisasi

-

Komandan

KADISINFOLAHTAAU DARI MASA KE MASA


Kolonel Tek Djukahdi A
(1981-1985)

Kolonel Nav Mardjuki
(1985-1990)

Kol. Nav Djoko S.(Alm)
(1990-1991)

Kol. Adm Billy Tunas, M.Sc
(1991 - 1992)

Marsma TNI Ir. Sri Diharto, M.Sc
(1992 - 1993)

Marsma TNI Ir. Nursabani
(1993 - 1995)

Marsma TNI Ir. Hasian Siregar
(1995 - 1998)

Marsma TNI S. Hariyadi,. S.E
(1998 - 1999)

Marsma TNI DR. Ir. S. Suharsa,. M.Eng.Sc
(1999 - 2002)

Marsma TNI Chauli Marwan
(2002 - 2007)

Marsma TNI Ir. Joseph Rasiman,. M.M
(2007 - 2007)

Marsma TNI Ir. IB. Suryaadikara
(2007 - 2008)

Marsma TNI Suroso
(2008 - 2010)

Marsma TNI Sumardjo,.M.Sc
(2010 - 2010)

Marsma TNI Loyar Pakpahan
(2010 - 2011)

Marsma TNI Enuh Warsa Wijaya
(2011 - 2012)

Marsma TNI M. Sigalingging
(2012 - 2012)

Marsma TNI Johny Kadarma,. M.A. M. Sc
(2012 - 2014)

Marsma TNI Noor Pramadi,. S.E
(2014 - 2016)

Marsma TNI Ir. Prakoso
(2016 - 2016)

Marsma TNI Ir. Andaruna Setiawan
(2016 s.d Sekarang)


_________________________________________________________________________

 

follow-us

VIDEO