BUKU TAMU

Zainal
Assalamu'alaikum wr.wb Selamat pagi, maaf sebelumnya . Saya ingin tanya kalo pendaftaran Sekbang PSDP TNI 2014 kapan ya dibukanya...
Anggraini
Assalamu'alaikum, Mohon informasi apakah lulusan sarjana Olahraga tahun ini bisa mengikuti pendaftaran Perwira Karier TNI, di...
Dinul Habib Ulul Azmi Daniel
Assalamu'alaikum Apa persyaratan menjadi pilot TNI AU ? apakah pendaftarannya membutuhkan biaya ? terima kasih, wassalamu'alaikum.
Parramatta Adri Satyawada
Assalamualaikum Wr. Wb. Mohon info pendaftaran Wamil tahun 2014, seandainya bisa persyaratan apakah yang harus dipenuhi untuk mend...
Irfan Nurhadiansyah
Assalamualaikum Wr. Wb. Cita-cita saya dari kecil ingin menjadi TNI dan ingin mengikuti seleksi, dengan tinggi badan 161 cm,...
Ora Putra
Selamat siang Bapak/Ibu admin, Apakah jurusan Pendidikan Seni Musik bisa mengikuti seleksi penerimaan Perwira Karier TNI? Moh...
Rachell Nurman Zulkarnain
Saya mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Jember, di Malang. Apakah ada lowongan kerja praktek sesuai bidang jurusan saya pa...
Brian Julio Zesar
Selamat sore bapak/ibu, Lulusan S1 jurusan Akuntansi, bisakah daftar TNI-AU ? mohon informasinya. terima kasih.
Ignatius Sitorus
Saya tahun depan tamat SMA Unggul Del, bagaimana cara pendaftaran prajurit TNI AU? terima kasih.
Agnes
Selamat pagi, mohon informasi penerimaan calon Tamtama PK TNI AU Gelombang II TA 2014 ? terima kasih.
Annisa
Selama mengikuti kegiatan seleksi tingkat daerah maupun seleksi tingkat pusat di Akmil Magelang, apakah diperbolehkan dan diberi k...
Rifal Fauzi
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Cita-cita saya ingin menjadi TNI dengan kondisi mata minus satu, mohon pendapatnya.
Betty
Saya sebagai keluarga menanyakan alamat lengkap dan kode pos untuk mengirim paket, buat anggota Prada yang tinggal di ba...
Rifki
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana cara bisa menjadi pilot di TNI AU ? 
Oscar
Apakah lulusan D3 Perhotelan bisa mengikuti test Perwira PK TNI ? terima kasih.

KOMPI A PASKHAS BS

Tugas Pokok

TUGAS POKOK

 

Sesuai dengan Peraturan Kasau Nomor Perkasau/53/VIII/2008,Tanggal 13 Agustus 2008 bahwa Tugas Pokok Kompi A Paskhas BS Medan adalah melaksanakan pertahanan pangkalan/alutsista/instalasi TNI Angkatan Udara  dan SAR tempur serta operasi lain sesuai kebijakan dari Panglima TNI.

Visi & Misi

VISI MISI

 

VISI :  “ Menjadi Prajurit Korpaskhas Yang Profesional, Bermoral dan memiliki kesadaran Nasional “

Profesional : Terdidik, terlatih dilengkapi dengan persenjataan yang memadai dan melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.

Bermoral : Sikap, Tindakan,Ucapan dan langkahg baik.

Memiliki kesadaran nasional : Melaksanakan setiap tugas yang diemban berdasarkan kepentingan Negara.


MISI : “ Melaksanakan Oprasi militer khususnya dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Udara “

Untuk mewujudkan misi tersebut , Kompi A Paskhas sebagai Satuan Operasi siap Tempur yang melaksanakan kegiatan sebagai berikut :

a.   Membina kekuatan,kemampuan dan kesiapan oprasional prajurit dalam rangka mendukung tugas TNI AU.

b.   Membina kemampuan dan kekuatan personil maupun materiil Kompi A Paskhas dalam rangka Mendukung tugas TNI AU.

c.   Membina kemampuan Kompi A Paskhas dalam melaksanakan pertahanan Alutsista,SAR Tempur dan Oprasi lainnya sesuai kebijakan Panglima TNI.

d.  Membina kemampuan dan kesiapan Oprasional Kompi A Paskhas dalam melaksanakan Oprasi Khusus.

Profil

 

PROFIL SATUAN

 

Pemberian nama Kompi BS Pasgat Fortianus Luther Sihombing Medan atas saran dari Danjen Kopasgat Marsekal Pertama TNI Sukarseno. F.L Sihombing adalah putra daerah yang salah satu prajurit PGT yang berpangkat Prajurit Satu (Pratu) gugur di saat  penerjunan bersama rekan-rekannya melaksanakan Operasi Militer di Irian Barat tahun 1962. Maka pada tahun 1979 berdasarkan surat keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 37/M/1978 dan Nomor: 94 Tahun 1962, Surat Keputusan Menhankam/Pangab Nomor: Skep/1075/VIII/1978, maka Markas Kompi BS Pasgat Medan diberi nama Ksatrian F.L Sihombing Kompi BS Pasgat Medan.

Disamping tugas lain yang sedang dilaksanakan antara lain adalah bidang intelijen. Pertama, Mengawasi perkembangan situasi wilayah Pangkalan TNI AU Medan, Bandara Polonia Medan terhadap gangguan instabilitas keamanan dengan sasaran pengamanan personel, material dan objek vital yang ada di wilayah Pangkalan Udara. Kedua, mengawasi perkembangan situasi baik yang ada didalam maupun diluar pangkalan dengan bekerjasama jajaran intel pam Lanud Medan guna memperoleh informasi secara dini.

 

Bidang Operasi

Dalam bidang operasi yang pernah dilaksanakan Kompi A BS Paskhas Medan meliputi operasi pertahanan Satuan Radar 201 yang berada di Sibolga, operasi Rencong Terbang di Lanud Medan, operasi Pemulihan Keamanan di Aceh. Sedangkan dalam bidang latihan meliputi latihan perorangan dan latihan tingkat satuan. Latihan perorangan meliputi latihan gerper, permildas, halang rintang, menembak pistol dan senapan,renang militer,lintas medan,bahasa inggris dan masih banyak lagi. Untuk Latihan Tingkat Satuan meliputi latihan berganda pertriwulan dan akhir tahun,selain itu pula tingkat satuan dilaksanakan secara terpadu dengan jajaran Lanud Medan dan Kosekhanudnas III yaitu Latihan Rencong Terbang dan Latihan Tutuka Rajawali Perkasa di Lanud Medan. Latihan dengan negara lain juga melibatkan Kompi A Paskhas BS yaitu Latihan Elang Thainesia (Thailand – Indoensia), Latihan Elang Indopura (Indonesia – Singapore) dan Elang Malindo (Malaysia – Indonesia). 

Untuk mendukung operasi militer Kompi A BS Paskhas dilengkapi persenjataan antar lain senapan serbu perseorangan  jenis SS-1 buatan PT Pindad dan pistol jenis P226 dan P2. Senjata satuan antara lain senjata Penangkis Serangan Udara (PSU) jenis triple Gun, senjata DShK, senjata pelontar granat (SPG) untuk serangan darat, senjata bantuan tembakan jenis FN Minimi dan FN MAG GPMG.  Sebagai pasukan pendukung operasi SAR (search and rescue), Kompi A tim SARpur juga dilengkapi LCR dan perlengkapan selam. Perlengkapan yang dimiliki bukan hanya unduk mendukung operasi militer tetapi juga mendukung Badan SAR Nasional (BASARNAS) ketika bencana alam terjadi.

Menyangkut alat utama sistem persenjataan (alutsista) saat ini, terutama senjata penangkis serangan udara (PSU) Kompi A BS Paskhas Medan masih mengandalkan triple gun dan DShK. Walaupun tergolong sudah sangat uzur usia kedua senjata ini, perawatan masih perlu tetap dijaga dan diremajakan, mengingat daya tembak senjata tersebut masih sangat bagus berkat perawatan para personel Kompi A. Ketika kunjungan kerja Dankorpaskhasau, Marsekal Pertama TNI Harry Budiono, ke Kompi A BS Paskhas Medan pada 28 Agustus 2008 lalu, beliau menyampaikan persenjataan untuk Kompi A akan terus ditingkatkan dan akan penambahan persenjataan baru, terutama senjata penangis serangan udara, minimal senjata jinjing antipesawat jenis QW-3.

 

Daerah Penugasan

Sejak tahun 1980 s/d 2004 tugas operasi meliputi Operasi Geser PekanbaruI/V tahun 1985 dalam rangka pengamanan Pangkalan TNI AU Simpang Tiga, Operasi pengamanan Satrad 209 Sabang, Satrad 204 Lhoukseumawe dan Satrad 20 Sibolga, Operasi Pam Hanlan alutsista di NAD, Tugas AMD Manunggal I di Surabaya, Manunggal VI di Tebing Tinggi, dan Manunggal VII di Pulau Nias.

Operasi SAR meliputi pencarian dan pertolongan musibah tenggelamnya Kapal Angkut Ferry di perairan Sibolga (1986), pencaran dan pertolongan jatuhnya pesawat angkut C-130 Hercules TNI AU di Gunung Sibayak (1986), pencarian dan pertolongan jatuhnya helikopter milik PTP IX yang jatuh di Aceh Selatan, pertolongan jatuhnya pesawat Mandala Airlines di Bandara Polonia (1986), pencarian dan pertolongan jatunya pesawat Garuda di daerah Desa Buah Nabar, Sumut (1997), pertolongan dan pencarian musibah tenggelamnya Kapal angkut Ferry di perairan Sabang (1997), operasi kemanusian korban tsunami di NAD dan Pulau Nias (2004 dan 2005).  Sementara ini untuk pelaksanaan penugasan operasi yang berjalan adalah operasi pertahanan radar di daerah Sibolga.

Sejarah

-

Komandan

-

_________________________________________________________________________

 

follow-us

VIDEO