BUKU TAMU

Satriono Dzikru qolbudin
Hormat. Ini sya Dzikru dari salatiga, maaf pak izin menanyakan ,thun ini sya akan daftar Bintara AU, tapi sya msih bingung pr...
Jonathan Noga
Selamat malam bapak/ibu bidang perekrutan, Saya Jonathan Noga Soeitoe, berminat untuk bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia...
Leonny
Selamat malam,   Kami sekeluarga hadir di acara pagi tadi (Minggu, 9 April) di Halim Perdanakusuma.  Masukan dari kami:...
fendra dwi wicaksono
Assalamuallaikum Slamat pagi mohon ijin bertanya bapak atau ibu, saya mau tanya tentang pembukaan cata tni au gel 2 kira kira dibu...
Wira andhika
Assalamualaikum saya mau bertanya  pendaftaran bintara au ta 2017 apa di undur tanggal 02 mei-04 juni saya mengetahui informa...
Angga nur samudro
Assalamualaikum wr.wb Izin bertanya pak, lulusan SePapk TNI AU bisa tidak pak mendaftarkan diri jadi den bravo Paskhas, Mohon info...
Angga Nur Samudro
Assalamualaikum Wr.Wb Selamat malam pak, Izin bertanya. Untuk pemdaftaran SePapk TNI ijazahnya minimal d3 atau d4 pak, Mohon infor...
m ikhsan irsyandi
Assalamu alaikum wr.wb Sekamat siang Izin bertanya untuk lahir  tanggal 12 september 1995 apakah masih bisa ikut daftar? Teri...
Lia Wanadriani
Selamat siang, saya Lia Wanadriani, wartawan Antaranews. Saya bermaksud menulis mengenai TNI AU Indonesia, namun saya masih kekura...
Mahlul Nasution
Selamat Pagi min TNI AU,, dalam rangka memperingati HUT TNI AU 71 Tgl 9 Apr besok, apakah ada acara atraksi pespur di lanud soewon...
Muhammad Maulana
Assalamu'alaikum wr. wb. Pak saya ingin bertanya, kapan dimulainya tahapan seleksi Taruna AAU ?Terima Kasih
Ayu Kurnia
Assalamualaikum  Mau tanya, tahun ini Caba umumnya untuk wanita apakah ada?atau hanya ada yang program khusus wara pramugari?...
M.Fajar Maulana
Assalamu'alaikum maaf saya mau tanya ,, kalo gigi yang kurang rapih dan ada bolong apa masih bisa masuk ?? Terima kasih
Alfan Muhamad Rahman
Yth. Panitia Kegiatan Bulan Dirgantara 2017 Selamat siang, Mohon izin mempernalkan diri, nama saya Alfan Muhamad Rahman CEO Flying...
Siti Suhartinah Amir
Assalamu alaikum Ijin bertanya, untuk Pendaftaran PNS TNI kapan dimulai dan alamat web atau linknya apa..terima kasih sebelumnya..

KOSEKHANUDNAS I

“ LABDA YUDHA NIRBAYA “

Arti :

LABDA       : Kemahiran

YUDHA       : Peperangan

NIRBAYA   : Marabahaya

Arti tersebut memiliki makna “Dengan kemahirannya menguasai wilayah peperangan, tidak gentar menghadapi segala marabahaya “.

PANGLIMA KOSEKHANUDNAS I
Kolonel Pnb Kustono, S.Sos.

Tugas Pokok

Tugas Pokok

 

Sesuai SKEP Pangkohanudnas Nomor: Skep/86/XII/2006 tanggal 29–12–2004 Kosekhanudnas I mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dan mengendalikan Operasi Pertahanan Udara di wilayahnya, sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah pertahanan udara nasional untuk mendukung tugas pokok Kohanudnas.

Visi & Misi

Visi dan Misi Kosekhanudnas I

 

Kosekhanudnas I merupakan ujung tombak dalam mempertahankan kedaulatan Negara di udara. Selama Negara Kesatuan Republik Indonesia masih ada, tugas itu tidak akan pernah berakhir karena Kosekhanudnas I merupakan cerminan kekuatan TNI Angkatan Udara.   Sedangkan peran Kosekhanudnas I kedepan akan semakin besar dalam membentengi negara Republik Indonesia agar terhindar dari ancaman udara baik dari dalam maupun dari luar.


a.    Visi.     Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kosekhanudnas I memiliki landasan Visi sebagai berikut :

1)  Terwujudnya suatu kedaulatan Negara di udara di wilayah geografis pertahanan udara Kosekhanudnas I, dari segala bentuk ancaman udara terhadap keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2)  Terciptanya suatu sistim pertahanan udara yang mapan dan tidak dapat ditembus oleh pihak manapun yang memiliki niat ataupun tujuan untuk mengganggu persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia.

3)  Terwujudnya personel Kosek dan jajaran bawahnya yang memiliki kemampuan operasional yang tinggi serta tanggap dalam setiap pelaksanaan tugas.


b.    Misi.   Adapun misi yang diemban oleh Kosekhanudnas I dalam menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara di wilayahnya sesuai tanggung jawab geografis wilayah pertahanan udara nasional adalah sebagai berikut:

1)  Mempertahankan wilayah udara nasional khususnya wilayah Kosekhanudnas I dengan menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pengamatan udara secara terus-menerus sepanjang tahun.

2)  Menciptakan prajurit Kosek yang cakap dan tanggap sebagai Bhayangkara Negara dalam mengemban tugas untuk mempertahankan Negara kesatuan Republik Indonesia di wilayah tanggung jawab geografisnya.

3)  Mengoptimalkan alutsista baik yang berada dibawah jajaran Kosekhanudnas I maupun BKO Kosekhanudnas I agar setiap saat mampu melaksanakan operasi.

4)  Mengaplikasikan doktrin pertahanan udara dengan melaksanakan langkah-langkah sesuai prosedur dan petunjuk pelaksanaan operasi Hanud serta Rule Of Engagement (ROE).

Profil

Profil Kosekhanudnas I


Makosekhanudnas I

 

Penguasaan wilayah udara nasional mutlak diperlukan bagi kelangsungan hidup bangsa dan negara. Mempertahankan wilayah udara nasional memerlukan adanya Operasi Pertahanan Udara yang dilaksanakan secara terus menerus, baik pada masa damai maupun pada masa perang.

Operasi Pertahanan Udara adalah Operasi Gabungan TNI yang bersifat khusus dengan unsur Hanud TNI AU sebagai kekuatan utama dibantu oleh unsur-unsur lain yang berkemampuan Hanud serta digunakan secara terpadu. Karenanya,  penyelenggaraan Operasi Hanud memerlukan suatu tahapan perencanaan, persiapan sampai dengan pelaksanaan yang dilakukan secara teliti, terinci dan terkoordinasi antara semua unsur yang terlibat dalam operasi.

Pada hakikatnya Operasi Pertahanan Udara merupakan kegiatan-kegiatan dalam upaya mempertahankan kedaulatan wilayah udara Nasional terhadap setiap ancaman udara. Wujud ancaman udara yang sewaktu-waktu dapat muncul mengharuskan Hanud ini dilaksanakan secara terus menerus sehingga setiap kemungkinan ancaman udara dapat terdeteksi sedini mungkin.

Tujuan Operasi Hanud adalah tercapainya penguasaan wilayah udara nasional.

Sedangkan sasaran-sasaran yang harus dicapai untuk mewujudkan tujuan operasi pertahanan udara antara lain Keunggulan udara di wilayah udara nasional dan tegaknya hukum di wilayah udara nasional.

Kosekhanudnas I yang bermarkas di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta berdasarkan Perkasau/123/XII/2008 tanggal 19 Desember 2008 merupakan salah satu komando pelaksanana operasi pertahanan udara nasional yang bertugas menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara diwilayahnya , sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah Hanudnas untuk mendukung tugas pokok Kohanudnas.

Dengan alat utama sistem senjata yang dimiliki oleh Kosekhanudnas I berupa stasiun-stasiun radar mulai dari satrad 211 Tanjungkait, satrad 212 Ranai, satrad 213 Tanjung Pinang, satrad 214 Pemalang, satrad 215 Congot sampai dengan satrad 216 Cibalimbing, Kosekhanudnas I siap mengemban tugas yang sangat penting guna menjaga keselamatan Bangsa dan Negara di udara.

Sejarah

Sejarah Singkat Kosekhanudnas I


Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I bermarkas di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dan berdekatan  dengan Markas Kohanudnas. Tak ayal bila sejarah pertumbuhannya tidak lepas dari sejarah Kohanudnas sendiri, bahkan terlahir bersama-sama dengan Kohanudnas. Sejak embrio Kohanudnas masih bernama Kohanudgab, maka Air Defence Command (ADC) I sebagai embrio Kosekhanudnas I pun telah berdiri dengan pusat di Jakarta.

Menilik sejarah berdirinya Kosekhanudnas I, setelah keluarnya keputusan Kasau Nomor : 16/PERS/MKS/1963 tanggal 27 juni 1963, tentang perubahan nama Sector Operation Command (SOC) menjadi Komando Sektor, pada tanggal 1 Juli 1963 Kosekhanudnas I resmi berdiri, yang kemudian diperingati sebagai hari jadi Kosekhanudnas I. Pada masa itu dalam rangka melaksanakan tugasnya untuk mempertahankan wilayah Jakarta, maka dibangun ruang SOC (Sector Operation Center) atau Pusat Operasi Sektor (Posek) dibelakang kantor kohanudnas sekarang. Tugas posek saat itu adalah sebagai pusat penerima berita adanya lasa (Laporan Sasaran) dari Radar. Bangunan ini kemudian menjadi Markas Kosekhanudnas I.

Dalam perjalanan sejarahnya, Kosekhanudnas I telah mengalami perpindahan tempat, yang pada awalnya bertempat di depan gedung Makohanudnas namun karena adanya perubahan struktur dan kemajuan teknologi menuntut sebuah rancangan bangunan baru yang lain dan berbentuk setengah lingkaran. Dengan adanya gedung baru ini maka Kosekhanudnas I harus melaksanakan reposisi dengan bergeser ketempat yang baru untuk melaksanakan operasi Hanud. Mengikuti organisasi Kohanudnas, maka Kosekhanudnas I juga mengalami proses reorganisasi dan modernisasi yang memakan waktu. Kemudian pada tahun 1999, Kosekhanudnas I menerima satuan Radar sebagai satuan jajarannya.

Komandan

PANGKOSEKHANUDNAS I
DARI MASA KE MASA


_________________________________________________________________________

 

follow-us

VIDEO