Berita

100 Korban Kenari Air Berhasil di Evakuasi

Dibaca: 18 Oleh 27 Agu 2015Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Tepat pukul 09.00 wib, Pesawat Kenari Air dengan Nomor penerbangan XX021 yang membawa 100 orang penumpang dari Bandara Changi-Singapura menuju Bandara Husein Sastranegara-Bandung terbakar saat landing di runway 29. Rabu, (26/08).

Saat itu cuaca yang dilaporkan berawan gelap disertai angin kencang, menyebabkan Pesawat Kenari Air dengan Register PK-KNR mengalami Hard Landing hingga mengalami pecah ban sebelah kanan dan landing gear patah saat mendarat, yang mengakibatkan sayap sebelah kanan menghantam landasan dan terjadi kebakaran.

ATC (Air Traffic Control) yang melihat kejadian tersebut segera melaporkan kepada satuan atas dan dengan sigap Personel Lanud Husein dan Tim Medis pun segera bertindak. Petugas PKP-PK segera memadamkan kebakaran pesawat tersebut, dalam waktu singkat kobaran api langsung bisa dipadamkan dan langsung petugas PKP-PK mencoba membuka pintu untuk segera mengevakuasi korban yang terjebak di dalamnya. Tercatat ada 4 orang meninggal dunia, 20 orang luka berat, 30 luka ringan, 46 tidak terluka.

Demikian sekilas sekenario dalam Latihan Penanggulangan Gawat Darurat dengan Sandi “Manuk Dadali II-2015” di Bandara Husein Sastranegara. Latihan yang melibatkan unsur dari Tim Angkasa Pura II, Personel Lanud Husein, Basarnas, PMI, RSAU. Dr. Salamoen, serta tim medis dari beberapa Rumah Sakit Daerah di sekitar Kota Bandung. Menurut Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel Pnb Ardhi Tjahjoko latihan ini sangat perlu dilaksanakan karena mengingat cuaca yang tidak menentu di wilayah Bandung, tambahnya pula latihan ini selain menjadikan seluruh jajaran agar terus terlatih juga menjadikan kita untuk terus berwaspada dan sigap dalam segala bentuk kecelakaan penerbangan, dalam latihan ini juga dituntut kerjasama tim yang solit dan kordinasi yang baik antar satuan dan instansi terkait.

Baca juga:  Komandan Lanud H AS Hanandjoeddin Ikuti Rakernis Koopsau I

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel