Berita

100 Perwira TNI Angkatan Udara mengunjungi Sumatera Barat

Dibaca: 24 Oleh 21 Sep 2013Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

100 Perwira siswa sekkau angkatan 94 dipimpin Komandan Sekkau Kol PnbHari Widodo mengunjungi Sumatera barat selama dua hari berturut-turut mulai tanggal 18 hingga 19 september mendatang. Komandan Lanud Padang Ltk Pnb HKD Handaka S.sos, MM di dampingi sejumlah pejabat dan Perwira Lanud Padang secara resmi menyambut kedatangan kunjungan tersebut.

Rombongan bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan TNI Angkatan udara Padang serta diterbangkan dengan 2 buah pesawat militer C-130 Hercules Skadron udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma. Menurut Komandan Lanud Padang menjelaskan kunjungan para Pasis Sekkau A-95 di Sumatera Barat merupakan agenda yang penting untuk upaya peningkatan peran TNI Angkatan Udara dalam penanggulangan bencana alam. Seperti kita ketahui bersama wilayah Sumatera barat secara geografis terletak di pertemuam dua lempeng benua Australia dan asia serta berada di sepanjang perbukitan yang membujur sepanjang pulau Sumatera.

Hal tersebut memungkinkan akan terjadi kerawan bencana sepert, gempa bumi yang berpotensi tsunami, banjir, tanah longsor maupun bencana alam lainya. Diharapkan dalam kegitan ini ada kontribusi positif yang di hasilkan dari kegiatan kunjungan Pasis Sekkau A-94 dan bermanfaat bagi Lanud Padang dan masyarakat Sumatera barat jelasnya.

Baca juga:  Kasau Terima Laporan Kenaikan Pangkat 8 Pati TNI AU

Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu merupakan media kegiatan pembelajaran Perwira Sekkau untuk mengaplikasikan pengetahuaan teoritis dan pengetahuan pendukung melalui metode penelitian yang telah di ajarkan. Cakupan aplikasi pembelajaran tersebut meliputi bidang operasi udara, intelijen, personil (Sumber daya manusia), manajemen, kepemimpinan dan logistik.

Selain itu dalam kegiatan ini sasaran yang ingin di capai yakni Tentang penangulangan bencana alam di Sumatera barat. Berdasarkan UU No 3 tahun 2013, UU no 34 tahun 2004 dan Doktrin Tridek TNI tahun 2012 dinyatakan bahwa TNI memiliki tugas dalam operasi militer selain perang (OMSP) yang salah salah satunya tertuang antara lain operasi penanggulanagan bencana yang meliputi kegiatan penanggulangan akibat bencana alam, pengungsian, serta pemberian bantuan kemanusiaan.

Sedangkan tema yang di usung dalan kegiatan Pasis Sekkau A-94 tersebut yakni Optimalisasi penggunaan kekuatan TNI AU guna mendukung penanggulangan akibat bencana alam di Indonesia pada lima tahun mendatang. Dalam kunjungannya di Sumbar para Pasis Sekkau A-94 menggelar agenda penting antara lain melakukan kujungan di Lanud Padang, Korem 032/wb, Lantamal II Teluk bayur, Pemprov Sumbar, Pemko Padang, BPBD Sumbar, PT Semen Padang serta sejumlah obyek menarik lainya.

Baca juga:  Pangkoopsau II Menerima Kunjungan Kepala Kantor Wilayah BRI Makassar

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel