Berita

107 Taruna AAU Ikuti Latihan Cakra Wahana Paksa

Dibaca: 28 Oleh 12 Okt 2015Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Sebanyak 107 Taruna AAU tingkat IV mengikuti latihan Cakra Wahana Paksa (CWP) ke sejumlah provinsi yang ada di Indonesia. Keberangkatan kontingen latihan CWP yang dipimpin langsung oleh Gubernur AAU, Marsda TNI Abdul Muis ini didukung oleh dua pesawat Herkules C-130, belum lama ini.

Latihan yang bertujuan mengenalkan sekaligus mempraktekkan pelaksanaan navigasi udara ini, diawali dengan melaksanakan penerbangan dari Lanud Adi Sucipto menuju Lanud Balik Papan, provinsi Kalimantan Timur.

Selama dalam penerbangan seluruh peserta latihan melaksanakan praktek Navigasi Udara yang dibimbing langsung oleh para instruktur navigasi. Terlihat para taruna mendengarkan sekaligus mengaplikasikan teknik Navigasi Udara di atas ketinggian 17.000 kaki dari permukaan air laut ini. Selain dibimbing oleh para instruktur navigasi, para taruna juga mendapat penjelasan dan bimbingan tentang ilmu Navigasi Udara dari Gubernur AAU, Marsda TNI Abdul Muis selama dalam penerbangan menuju Lanud Balikpapan.

Sejumlah materi pelajaran navigasi udara pun mereka pelajari dan praktekkan seperti menghitung jarak tempuh perjalanan, menghitung lamanya perjalanan, kecepatan angin, mengaplikasikan route perjalanan dengan menggunakan peta, menghitung ketinggian dan kecepatan pesawat serta sejumlah materi navigasi udara lainnya.

Baca juga:  Taklimat Awal ItKoopsau II di Lanud Iskandar

Direncanakan latihan CWP ini akan berlangsung selama 4 hari menuju tiga provinsi yakni, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat. Selain mempelajari ilmu navigasi Udara, selama latihan CWP berlangsung, para taruna juga akan bersosialisasi dengan masyarakat setempat dengan melaksanakan kirab drumband di kota Balik Papan dan kota Lombok, mengunjungi sejumlah satuan, dan melaksanakan promosi kampus AAU di sejumlah SMA yang ada di daerah tujuan.

Latihan CWP ini merupakan salahsatu latihan bidang kematraan yang harus diikuti oleh seluruh Taruna AAU tingkat IV. Turut mendampingi para Taruna sejumlah pejabat teras Akademi Angkatan Udara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel