Berita

11 Perwira TNI AU Berhasil Selesaikan Pendidikan English Language Communication Skills di Singapura

Dibaca: 172 Oleh 03 Feb 2020Tidak ada komentar
11 Perwira TNI AU Selesaikan Pendidikan English Language Communication Skills di Singapura
#TNIAU 

TNI AU. Pada tanggal 31 Januari 2020 telah dilaksanakan penutupan English Language Communication Skills (ELCS) di kampus Nanyang Technological University (NTU) Singapura.  Sebanyak sebelas Perwira Siswa TNI AU yang mengikuti kegiatan tersebut dinyatakan lulus dan menerima sertifikat dari lembaga pendidikan. Turut hadir pada acara penutupan pendidikan tersebut Atase Pertahanan RI untuk Singapura, Kolonel Pnb Benny Arfan, bersama dengan tamu undangan lainnya dari Republic of Singapore Air Force (RSAF) dan Akademisi NTU.

Pendidikan yang diselenggarakan selama 2 bulan dari tanggal 9 Desember 2019 sampai dengan 31 Januari 2020 ini merupakan bagian dari kerjasama antara TNI AU, RSAF dan NTU. Dalam hal ini, NTU melalui Centre for Professional and Continuing Education (PACE) bertugas untuk memadukan pendidikan dan pelatihan yang berfokus pada pengembangan dalam menggunaan bahasa inggris. Kegiatan ELCS diawali dengan Programme Briefing and Orientation untuk memberikan gambaran kepada siswa kemampuan dasar masing-masing individu sehingga para siswa memiliki objective dan progress yang diharapkan. Selain itu, kegiatan pembelajaran juga berfokus pada pengembangan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris (english speaking skills) melalui ajang debat bahasa Inggris, berpidato dan presentasi yang menggunakan referensi darilibrary research maupun literatur online lainnya.

Baca juga:  PERINGATAN KE-47 WARA DI LANUD ABD SALEH

Disamping kegiatan belajar di kelas, para siswa juga mendapat kesempatan untuk melaksanakan field trip ke beberapa museum dan objek wisata di Singapura antara lain National Museum, Asian Civilizations Museum, Airforce Museum, Naval Museum dan daerah Kampong Glam. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa agar dapat menerapkan teori pembelajaran di dalam kelas dengan berkomunikasi langsung dengan publik di tempat umum untuk meningkatkan kepercayaan diri  berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.

Dalam sambutannya pada acara penutupan pendidikan tersebut, Atase Pertahanan menyampaikan apresiasi kepada RSAF dan NTU yang telah mengatur jalannya pendidikan dengan baik.  Disamping itu juga diharapkan para perwira muda TNI AU yang telah menyelesaikan pendidikan untuk terus melatih kemampuan berbahasa inggris serta mengaplikasikannya dalam kegiatan berdinas di masa mendatang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel