Berita

128 KARBOL RAIH BREVET TERBANG

Dibaca: 139 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Setelah melaksanakan latihan selama satu semester yang dilakukan para karbol tiap sore hari secara bergantian, Latihan Terbang Layang yang diberi nama sandi “Citra Dirgantara” Karbol Tingkat II Akademi Angkatan Udara ditutup oleh Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda TNI Sru A. Andreas di lapangan Dirgantara Kampus AAU Yoyakarta, Kamis (6/5).

 

Latihan ini bertujuan mengenalkan para karbol tahap-tahap dan prosedur penerbangan meskipun sifatnya masih terbatas. Selain itu Memberikan teknik dasar terbang kepada Karbol agar terbiasa dengan kegiatan terbang sehingga timbul sikap-sikap spontan sesuai prosedur sebagai penerbang ketika berada di dalam cockpit, dimulai saat akan terbang sampai pesawat mendarat lagi. Namun makna paling utama dari latihan ini adalah pengetahun tentang Airmanship yang identik dengan Profesionalisme.

 

Selama pelaksanaan Latihan dengan menggunakan pesawat tanpa mesin jenis glider ini dilakukan di Lanud Adisucipto, tiap karbol telah menjalani praktek terbang dengan glider tandem sebanyak 3-5 sortie terbang jadi untuk latihan kali ini telah menerbangkan 128 karbol tingkat II ini sebanyak 628 sortie, Para karbol yang terbang didampingi pelatih di belakangnya tersebut memberikan pelatihan dari segi teknis seperti towing atau proses take off saat ditarik Pesawat atau Aero Towing (AT), airborne (pengawakan saat mengudara), ditching (pendaratan) dan lainnya.

Baca juga:  Lanud Manuhua Peringati Hari Ibu

 

Dalam Sambutannya Gubernur Mengharapkan latihan ini akan memperkuat jatidiri dan pembentukan karakter (Caracter Building) sebagai Calon-calon perwira Matra Udara sekaligus memberikan rasa kebanggaan dan motivasi para karbol dalam melanjutkan pendidikan dan latihan di AAU ini.

 

Disaksikan Wakil Gubernur AAU Marsekal Pertama TNI Edy Sunarwondo, Para Direktur, Para Kadep, Danwingkar, dan Para Pejabat AAU lainnya Upacara Penutupan ditandai dengan Penyerahan Sertifikat dan Penyematan Wing terbang kepada Salah satu Perwakilan Karbol Peserta Latihan Sersan Karbol Joy M Tangkawarao hal ini sekaligus merupakan Awal bagi para karbol Tingkat II berhak mengenakan Brevet Kemampuan Wing terbang layang didada sebelah kiri yang menjadi ciri khas Karbol AAU.(Pen AAU)

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel