Berita

13 Ton Bantuan Gempa Lombok Dikirim dari Bali Menggunakan Hercules

Dibaca: 9 Oleh 16 Agu 2018Tidak ada komentar
13 Ton Bantuan Gempa Lombok Dikirim dari Bali Menggunakan Hercules
#TNIAU 

TNI AU. Sebanyak kurang lebih 13 ton bantuan yang berhasil dikumpulkan berbagai relawan di Bali dan Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, diterbangkan ke Lombok. Loading bantuan yang memakan waktu sekira satu jam tersebut akhirnya dapat terangkut semua, ke dalam Pesawat C-130 Hercules dari Skadron 32 Lanud Abdul Rachman Saleh Malang, Kamis (16/8) siang.

Bantuan tersebut di antaranya sembako, peralatan mandi, obat-obatan, dan kebutuhan sehari-hari para pengungsi korban gempa bumi Lombok Utara. “Ini merupakan bantuan dari teman-teman yang berhasil dikumpulkan dan dikoordinasikan dengan Lanud, untuk membantu korban gempaLombok kami fasilitasi pengirimannya menggunakan pesawat Hercules. Di mana bantuan ini akan dikirimkan ke Lanud Zainuddin Abdul Madjid atau disingkat Lanud ZAM,” ungkap Kepala Dinas Operasi Lanud I Gusti Ngurah Rai, Letkol Nav Anton Bimo, disela loading bantuan mewakili Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Setibanya di sana, anggota Lanud ZAM sudah siap melakukan unloading bantuan tersebut bersama para relawan yang ikut dengan Pesawat Hercules tersebut. Lalu didistribusikan ke pos-pos atau titik-titik pengungsian telah ditentukan sebelumnya. Letkol Nav Anton Bimo menyampaikan, ini merupakan pengiriman pertama menggunakan Pesawat Hercules, sebelumnya pihak Lanud I Gusti Ngurah Rai mengirimkan bantuan menggunakan truk melalui darat seberat 5 ton, dan kali kedua langsung menggunakan pesawat.

Kedepan akan dilakukan pengiriman kembali karena banyak yang menghubungi Lanud meminta difasilitasi pengiriman bantuan ke Lombok. Sekarang masih dalam pengumpulan bantuan, dan jika sudah terkumpul baru dilakukan pengiriman lagi seperti hari ini,” tambahnya. Bantuan 13 ton lebih yang terkumpul ini kerja sama dari para relawan seperti Lombok Bersatu Peduli Bencana (LBPB), Perhati KL Pusat, ILot Villa Bali, dan relawan lainnya, ditambah dari Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Sementara itu, Humas LBPB Razaq mengatakan, ini ketiga kali pihaknya mengirimkan bantuan ke Lombok. Pertama dan kedua melalui jalur laut, namun terkendala ombak sehingga pihaknya meminta bantuan Lanud I Gusti Ngurah Raimengirimkannya. “Selain mengirimkan bantuan yang berhasil terkumpul, LBPB juga mengirimkan relawan, di mana mereka akan berada di sana selama kurang lebih 4 hari. Mereka akan dimaksimalkan membantu di semua titik pengungsian korban gempabumi,” ungkapnya.

Baca juga:  Komandan Lanud Sulaiman Buka Sustek TRX HF SSB A-11 di Skadik 202

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel