Berita

134 Siswa Para Dasar Angkatan ke-170 Lakukan Penerjunan

Dibaca: 22 Oleh 23 Sep 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Pendidikan Sekolah Para Dasar Angkatan ke-170 yang diikuti 134 siswa dalam melakukan penerjunan pertama dan kedua telah mendarat dengan baik dan selamat. Keberhasilan yang dicapai para siswa karena selama mengikuti bina kelas dan bina lapangan telah mengikuti prosedur dan aturan yang telah ditetapkan. Penerjunan pertama menggunakan pesawat jenis Hercules C-130 dengan macam penerjunan loncatan perlahan pintu kiri pesawat. Penerjunan kedua melakukan penerjunan loncatan perlahan pintu kanan pesawat.

Penerjunan siswa Paradasar tersebut disaksikan pula oleh Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Bambang Samoedro, Gubernur Akmil Mayjen TNI Bachtiar, Kadep Matra AAU Kolonel Pnb Djoko Cahyono serta para pejabat lainnya dengan didampingi Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Elianto Susetio, S.I.P beserta para pejabat lanud di tempat pendaratan penerjunan (dropping zona) Runway Lanud Sulaiman.(23/9)

Tujuan dan sasaran pendidikan para dasar yang diikuti para siswa karbol, akmil, dan sekbang PSDP ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, dan sikap sebagai prajurit peterjun yang memiliki kesamaptaan jasmani dengan kategori baik dan memiliki pengetahuan matra udara sehingga dapat terjun statik dengan aman.

Baca juga:  Lanud Tarakan dan Satrad 225 Peringati Hari Bakti TNI AU Ke-69

Tahap pendidikan separadas dilaksanakan dalam dua tahap yang terdiri dari bina kelas (ground training, 120 jam pelajaran) dan bina lapangan, yaitu latihan praktis yang dilaksanakan di Lanud Sulaiman (praktek terjun 7 kali, 56 jam pelajaran).

Dalam ground training, pertama diberikan materi pendidikan jasmani para, yaitu olah raga khusus para peterjun (diberikan sebanyak 20 jam pelajaran). Kedua, teknik melipat parasut (28 jam pelajaran). Ketiga, teknik mengepas, menggulung paying, dan mengatasi seretan (M-3) 14 jam pelajaran. Keempat teknik Eksit (22 jam). Kelima, teknik mengemudi (14 jam) dan keenam teknik mendarat (22 jam). Ground traing atau bina kelas diberikan selama tiga minggu.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel