Berita

152 Personel Wing III dan Yonko 469 Paskhas Laksanakan Latihan Jungar

Oleh 07 Feb 2019 Tidak ada komentar
152 Personel Wing III dan Yonko 469 Paskhas Laksanakan Latihan Jungar
#TNIAU 

TNI AU. Sebanyak 152 personel dari Wing III dan Batalyon Komando 469 Paskhas termasuk 17 atlet terjun payung Wara melaksanakan kegiatan Terjun Penyegaran dengan menggunakan Pesawat C-130 Hercules bertempat di Lanud Soewondo, Rabu (6/2).

Latihan terjun penyegaran yang dilaksanakan siang hari dibagi dalam dua sortie. Sortie pertama dengan 82 personel Wing III dan Batalyon Komando 469 Paskhas melaksanakan terjun static. Pada sortie kedua dengan 70 personel melaksanakan terjun statik di run pertama. Untuk run kedua dan ketiga melaksanakan terjun free fall yang juga diikuti oleh 17 personel Wara sebagai atlet terjun payung free fall, yang dipimpin langsung oleh Danwing III Paskhas Kolonel Pas Bambang Haryono.

Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Bambang Hariyono sesaat setelah Mendarat di Drop Zone mengatakan kepada awak media, bahwa pelaksanaan Jungar tersebut, merupakan agenda rutin latihan yang secara bertahap, bertingkat, berkelanjut dan berkesinambungan dengan tujuan untuk melaksanakan penyegaran bagi para prajurit yang mempunyai kualifikasi terjun statik.

Selain itu, Danwing juga menyampaikan bahwa, terjun statik maupun Free Fall ini juga dilaksanakan untuk memelihara kemampuan tempur sebagai prajurit para komando, sehingga nantinya dapat dijadikan bekal dalam melaksanakan operasi dan latihan serta tugas yang diembannya baik pada Operasi Militer Perang, maupun Operasi Militer Selain Perang, jelas Danwing.

Ribuan pengunjung, baik dari keluarga besar TNI AU wilayah Medan maupun masyarakat sekitar kota Medan yang didominasi para pelajar turut menyaksikaan terjun payung dengan sangat antusias. Para pengunjung mulai bersorak kegirangan saat para penerjun mulai loncat satu persatu dari pesawat.

Ditempat yang sama, Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey ketika di temui awak media di sela-sela kegaitan terjun payung tersebut mengatakan bahwa, Lanud Soewondo sangat mendukung kegiatan tersebut serta mempersiapkan pelaksanaan kegiatan terjun penyegaran dari personel Paskhas yang tiap tahun telah dilakukan. Kami tentunya telah mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan kegiatan ini mulai dari tenaga medis dan lain sebagainya guna mensukseskan kegiatan penerjunan ini, ungkap Danlanud.

Pada malam harinya, pukul 19.00 Wib, personel Wing III dan Yonko 469 Paskhas melaksanakan terjun malam statik yang dibagi dalam dua sortie. Sortie pertama take off dari Lanud Soewondo dengan 60 penerjun. Untuk sortie kedua take off dari bandara Internasional Kualanamu dengan 58 penerjun.

Komandan Lanud Soewondo terus melakukan pengawasan melekat pada kegiatan latihan terjun penyegaran Paskhas, baik terjun di siang hari maupun pelaksanaan terjun di malam hari.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel