Berita

17 Agustus 2009

Dibaca: 8 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Teks Proklamasi Republik Indonesia Berkumandang di Seluruh Pelosok Tanah Air Indonesia

 

Pembacaan Teks Proklamasi Republik Indonesia oleh Asisten Operasi (Asops) Kasau Marsekal Muda TNI Pandji Utama Iskaq, S.IP, saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan HUT Ke-64 Republik Indonesia di Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau) yang diikuti seluruh anggota baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil TNI AU, di lapangan Apel Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, (17/8).

 

Ispektur upacara juga membacakan sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso yang diperuntukkan kepada seluruh anggota TNI dan PNS TNI dimanapun berada dan bertugas.

 

Lebih lanjut dikatakan bahwa, bulan Agustus oleh Bangsa Indonesia merupakan bulan yang paling bersejarah, rangkaian panjang perjuangan dan pengorbanan seluruh komponen bangsa mencapai puncaknnya dengan diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

 

Dalam perjuangan itu, sarat dengan spirit nasionalisme, patriotisme dan heroisme yang penuh dedikasi dan semangat militansi yang kemudian melahirkan jiwa, semangat dan nilai-nilai juang 1945 yang menjadi landasan perjuangan untuk generasi penerus selanjutnya.

Baca juga:  BUKA PUASA BERSAMA DI LANUD TIMIKA

 

Kondisi yang kodusif yang dirasakan bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai modal utama pembangunan nasional guna mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Satu bulan ini keamanan bangsa Indonesia terusik dan terobek dengan aksi teror bom bunuh diri oleh kelompok terorisme di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton tepatnya tanggal 17 juli 2009.

 

Kejadian itu menyadarkan kembali, bahwa ancaman terorisme masih tetap nyata di tengah-tengah masyarakat Indonesia, oleh karena itu kepada seluruh prajurit TNI dan unsur pimpinan TNI disetiap tingkatan agar lebih mengintensifkan lagi kemampuan deteksi dan cegah dini serta meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di satuan masing-masing.

 

Sebagai akhir dalam sambutan Panglima TNI menegaskan perlunya perintah yang harus dipedomani oleh seluruh anggota Militer dan PNS TNI dimanapun bertugas dan berada.

 

Pertama; jaga dan tingkatkan soliditas dan solidaritas sesama prajurit TNI, maupun dengan anggota Polri dan komponen bangsa lainnya, tingkatkan semangat dan jiwa korsa.

 

Kedua; tingkatkan dan intensifkan pembinaan teritorial sesuai dengan tuntutan dan matra masing-masing, agar benar-benar terwujud ”Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) juang” yang kuat dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh.

Baca juga:  Lanud Sjamsudin Noor Latihan Penanggulangan Kondisi Darurat (PKD) Bersama Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

 

Ketiga; siapkan satuan-satuan khusus untuk setiap saat dapat digerakkan guna penaggulangan terorisme, baik dalam rangka tugas perbantuan maupun tugas kemitraan kepada Polri.

 

Keempat; pererat kerjasama, sinkronisasi dan koordinasi antara TNI, Polri dan Pemerinta Daerah (Pemda) dalam rangka mengantisipasi dan mentasi aksi terorisme demi menjaga dan menjamin terwujudnya stabilitas nasional dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Kelima; bina dan ciptakan kebersamaan dan kewaspadaan setiap warga negara dan semua komponen bangsa dalam menghadapi segala bentuk kerawanan dan ancaman, terutama dari aksi-aksi separatisme, terorisme dan radikalisme yang sangat merugikan keamanan, keselamatan dan ketenteraman masyarakat

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel