Berita

20 PENERBANG TEMPUR KOOPSAU II LATIHAN PARASAILING

Dibaca: 17 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Sebanyak 20 penerbang pesawat tempur jajaran Komando Operasi TNI AU (Koopsau) II selama tiga hari, pekan kemarin telah melaksanakan latihan parasailing. Kali ini, kawasan pantai Senggigi Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi ajang uji nyali para penerbang tempur dalam menghadapi situasi emergency,  khususnya dalam proses eject dari kocpit pesawat dan escape di laut.

Ke-20 penerbang tersebut masing-masing 5 orang dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi Madiun (penerbang pesawat F-16), 5 orang dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanudin Makasar (penerbang pesawat Sukhoi), 5 orang dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahyudi (penerbang pesawat F-5) dan 5 orang dari Skadron Udara 15 Lanud Iswahyudi (penerbang pesawat HS Hawk MK-53). 

Pangkoopsau II Marsekal Pertama (Marsma) TNI R. Agus Munandar selaku pimpinan umum latihan dalam amanat tertulis saat membuka latihan di pantai Senggigi Lombok, yang dibacakan Asisten Itelijen (Asintel) Kas Koopsau II Kolonel Pnb Wahyudi Sumarwoto mengatakan, latihan parasailing merupakan tahapan yang cukup penting untuk membekali ketrampilan para penerbang tempur dibidang eject dan escape saat menghadapi situasi emergency, khususnya di atas permukaan air/laut.

Baca juga:  Pangkalan TNI AU Maimun Saleh Gelar Panen Perdana Ketahanan Pangan.

Melalui latihan ini, diharapkan para penerbang tempur jajaran Koopsau II makin siap dalam melaksanakan tugas-ugas operaional sekaligus memiliki kepercayaan diri yang tinggi bila suatu saat menghadapi situasi emergency saat menerbangkan pesawat, baik dalam medan latihan maupun operasi yang sesungguhnya. Kepada para pelaku latihan, Pangkoopsau II minta untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini  sebagai ajang menambah pengalaman, wawasan dan ketrampilan di bidang eject dan escape di atas permukaan air/laut. 

Dipilihnya parasailing sebagai  media latihan, selain untuk mengurangi resiko kecelakaan para penerbang setelah eject dari pesawat,  parasailing  juga memiliki tingkat efektifitas yang medekati kondisi nyata dengan aksi eject para penerbang tempur untuk melaksanakan penyelamatan diri di atas permukan air / laut.  Demikian, Kapen Koopsau II Mayor Sonaji Wibowo, S.IP menginformasikan. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel