TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

200 Peserta Ikuti Penataran Kesadaran Bela Negara di Lanud Sim

simbolis_membuka_acara

TNI AU. Sebanyak 200 peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa-mahasiswi, pemuda pemudi serta masyarakat mengikuti penataran Bela Negara di Lanud Sultan Iskandar Muda, Selasa (27/3). Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan sambutan Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos., yang mengapresiasi penataran kesadaran bela negara sebagai kesempatan emas bagi generasi penerus di wilayah Aceh untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta akan tanah air.

Secara tidak langsung, katanya, perkembangan lingkungan strategis yang didukung ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mempengaruhi pola serta bentuk ancaman, baik ancaman militer, non militer dan hibrida sehingga menuntut adanya bentuk pertahanan Negara yang efektif dan berdaya tangkal tinggi. Salah satunya melalui pembinaan kesadaran bela Negara sebagai wujud kecintaan kepada tanah air yang dilaksanakan saat ini bertemakan “Dengan Serbuan Dirgantara Kita Wujudkan Ruang Udara Yang Aman Untuk Kesejahteraan Bangsa”.

Melihat pentingnya kesadaran bela Negara bagi generasi penerus, Danlanud Sultan Iskandar Muda berharap peserta penataran dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan mendengarkan dan aktif bertanya kepada Paban III Spotdirgaau Kolonel Sus Drs. Taibur Rahman dan Pabandya Natdirga Spotdirgaau Letkol Sus Jamingun yang telah hadir sebagai narasumber.

Senada hal tersebut, Paban III Spotdirgaau menegaskan sudah menjadi kewajiban warga negara untuk menjaga, menegakkan dan mempertahankan keutuhkan NKRI sebagai negara kesatuan yang memiliki beranekaragam suku, ras, agama dan kebudayaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Itu menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara yang nantinya sebagai penerus tongkat kepemimpinan bangsa Indonesia,” ujarnya. Dikatakan juga sebagai generasi muda agar menghilangkan sifat egois, individu dan ketidakpedulian terhadap sesama dan tanah airnya, karena rasa kebersamaan, toleransi, kecintaan terhadap ibu pertiwi akan memperkuat keutuhan NKRI.

Acara dilanjutkan dengan ceramah mengenai bela negara, dilanjutkan menempel doa dan harapan bagi bangsa dan negara Indonesia di pohon harapan, kemudian simulasi lapangan dimana para peserta dihadapkan pada beberapa tantangan permainan yang membutuhkan kerja sama, koordinasi, komunikasi dan mengesampingan sikap individu.

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

200 Peserta Ikuti Penataran Kesadaran Bela Negara di Lanud Sim