Berita

250 Personel Makoopsau I Ikuti Psikologi Lapangan

Oleh 28 Jun 2011 Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Setelah apel pagi, bertempat di Lapangan Sepak Bola Galaxi Makoopsau I sebanyak 250 Personil mengikuti Pelatihan Psikologi Lapangan, (28/06). Kegiatan Pelatihan Psikologi Lapangan ini adalah kali pertama dilaksanakan di Makoopsau I, berdasarkan Perkasau/142/XII/2009 tanggal 30 Desember 2009 tentang Pembinaan Mental dan Program Kerja Koopsau I Tahun 2011 Bidang Pembinaan Mental maka kegiatan tersebut dianggap perlu untuk dilaksanakan.

Kegiatan yang dibuka oleh Aspers Kas Koopsau I Kolonel Pnb Jeffry Yandi yang mewakili Pangkoopsau I Marsda TNI Sunaryo dalam sambutannya mengatakan agar para peserta dapat mengikuti semua petunjuk fasilitator dengan baik, sehingga pelaksanaan pelatihan dapat berjalan lancar sesuai rencana. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Pama, Bintara, Tamtama dan PNS, tersebut juga merupakan salah satu Program Kegiatan yang sudah lama di konsep oleh Pabandapsi Kapten Kes Dul Gani. Pabandapsi juga mengatakan bahwa metode pelatihan psikologi lapangan merupakan suatu metode belajar orang dewasa yang dikenal sebagai Andragogi. Dalam pelatihan

psikologi lapangan peserta belajar melalui pengalaman ( experiental lerning) yang diperoleh dengan terlibat aktif dalam permainan (games) dan diskusi yang dirancang khusus sesuai kebutuhan serta diberikan umpan balik (feed back). Dengan merasakan keberhasilan maupun kegagalan melalui game, dengan demikian diharapkan muncul kesadaran (inside) dari dalam diri peserta untuk dapat menarik pelajaran melalui pengalaman.

Pelatihan Psikologi Lapangan ini mengangkat tema “Mengembangkan dan Meningkatkan Motifasi Dalam Bekerja Dalam Rangka Mendukung Efisiensi dan Efektifitas Sebagai Individu Maupun Kelompok Dalam Pelaksanaan Tugas”.

Sebelum mengawali pelatihan Pabandapsi memberikan Fre-courseatau pengkondisianyang bertujuan untukmembangun komitmen peserta terhadapkemungkinan meninggalkan rutinitas keseharian yg pasti jauh lebih nyaman,dijelaskan pula bahwa memasuki suasana pelatihan bukanlah hanya sekedar berekreasi meski unsur fun akan mewarnai setiap kegiatan yang tersajisehingga para peserta dituntut dapatmembangun komitmen agar selalu berfikir positif & bersedia untuk melakukan yang terbaik selama pelatihan.

Program Pembinaan Mental ini bertujuan untuk membentuk, memelihara, meningkatkan, dan memantapkan kondisi jiwa anggota TNI Angkatan Udara khususnya di Makoopsau I agar dapat melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan kepentingan organisasi. Pembinaan tersebut juga harus diikuti dengan pembinaan mental rohani, idiologi, tradisi kejuangan, dan pembinaan mental psikologi. Sehingga diharapkan melalui kegiatan Pelatihan psikologi lapangan ini personil Makoopsau I memiliki keterampilan psikologi baik secara individual maupun kelompok, keterampilan psikologi tersebut dapat diperoleh melalui pengalaman penugasan maupun pelatihan psikologi yang dirancang khusus sesuai kebutuhan. Melalui pelatihan psikologi lapangan ini juga diharapkan peserta mendapatkan pemahaman tentang komunikasi, koordinasi, kepekaan sosial, kerjasama, dan aspek-aspek psikologi lainnya yang dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas-tugasnya di Koopsau I.

Diakhir acara Pabandapsi akan menindak lanjuti dengan memantau kinerja peserta pelatihan sebagai bahan masukan atau saran bagi Pangkoopsau I.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel