Berita

29 Juli Hari Bersejarah Bagi TNI AU

Dibaca: 46 Oleh 30 Jul 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Dalam rangka mengenang jasa-jasa pejuang terdahulu, Pangkalan Udara Atang Sendjaja (Lanud Ats) melaksanakan Upacara peringatan ke-65 Hari Bakti TNI AU di Lapangan Upacara Rajawali Lanud Ats jl. Raya Atang Sendjaja, Kec Kemang, Kab Bogor, pada Minggu (29/07/12). Dengan tema ‘Dilandasi Nilai Peristiwa 29 Juli 1947, TNI AU Bertekad Meningkatkan Darma Baktinya Kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia’

Tanggal 29 juli merupakan hari bersejarah bagi TNI AU Republik Indonesia, pasalnya pada hari itu terjadi dua peristiwa bersejarah yakni penyerangan pagi hari operasi udara pertama yang dilakukan AURI kepada pasukan Belanda dan hari gugurnya tiga perintis TNI AU antara lain Komodor Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara I Adisoemarmo Wirjokusumo saat pesawat Dakota VT-CLA dalam misi kemanusiaan membawa obat-obatan di wilayah udara Yogyakarta ketika bersiap mendarat di Maguwo, diserang oleh pesawat pemburu Kitty Hawk milik Belanda sehingga jatuh di Desa Ngoto.

Di dalam isi sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP yang dibacakan Dan Lanud Ats Marsekal Pertama TNI Eko Supriyanto menegaskan bahwa peringatan hari bakti tidak sekedar kegiatan seremonial belaka, namun selalu dimaknai sebagai starting point peningkatan pengabdian TNI AU kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Acara tersebut di hadiri oleh Para Purnawirawan TNI AU Para Pejabat Lanud Ats, Wing dikum dan ketua PIA AG Lanud Ats beserta Pengurus.

Peristiwa bersejarah itu menurut Kasau merupakan bukti semangat dari pengabdian yang tulus para pejuang yang rela berkorban dengan dedikasi yang tinggi demi tegaknya NKRI. Selain itu, Kasau juga mengimbau kepada generasi penerus TNI AU harus selalu menjaga nilai-nilai luhur tersebut tetap relevan dan tidak pernah lekang oleh jaman meskipun dihadapkan pada tantangan tugas akibat perkembangan lingkungan strategis yang bergerak dengan cepat.

Diakhir sambutannya Kasau mengajak kepada generasi penerus TNI AU untuk selalu memanjatkan doa dan pengharapan agar para pahlawan mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan YME sesuai pengabdian mereka pada nusa dan bangsa.

Setelah kegiatan upacara selesai dilaksanakan, kegiatan tambahan penyerahan hadiah kepada prajurit teladan di satuan jajaran Lanud Ats dan Wingdikum, kemudian penyerahan hadiah untuk lomba kebersihan lingkungan satuan.

Baca juga:  Angkasa Cycling Club Lanud Surabaya, Mancal Bareng Gubernur Jawa Timur

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel