TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

3.900 Peserta Tari Gemufamire di Lanud Adi Soemarmo Ambil Bagian Pecahkan Rekor Muri

By 04 Sep 2018Berita
DSC_1176

TNI AU. Untuk  memperingati HUT TNI ke-73, TNI Se-Solo Raya menggelar  tari Gemu Famire pecahkan rekor Muri di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Kabupaten Karanganyar , Selasa (4/9). Kegiatan tari Gemu Famire yang di mulai pukul 07.00 WIB diikuti lebih dari  3.900  peserta,  terdiri dari Lanud Adi Soemarmo, Depohar 50, Korem 074 / Warastratama, Grup 2 Kopasus, Brigif,  POLRI, Persit KCK, PIA Ardhya Garini Cab. 3 /Gab. II, PIA Ardhya Garini Cab. 7 /Gab. III, Ormas, Pelajar/Pramuka dan masyarakat.

Pemecahan rekor Muri Tari Gemu Famire ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Kotama TNI,  baik TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang berada di seluruh wilayah  Indonesia dengan dengan total jumlah peserta 305.000 orang.

Kepada seluruh  peserta Gemu Famire  Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah S.Sos.,mengatakan  tujuan diselenggarakannya tari Gemu Famire secara bersama-sama ini untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan, sebagai kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Selain itu  tarian bersama  Gemu Famire ini  dapat menggugah semangat perjuangan dalam mengisi pembangunan yang sekaligus untuk mengembangkan dan melestarikan kearifan budaya lokal.

“Karena  budaya bagi suatu bangsa adalah merupakan suatu identitas, ciri khas dan simbol kebanggaan sekaligus sebagai bentuk karakter suatu bangsa”, ujar Danlanud Adi Soemarmo.

Tari  Gemu Famire ini merupakan salah satu lagu daerah Indonesia  yang berasal dari daerah Maumere, Nusa Tenggara Timur dan diciptakan oleh Cornelis Dian Bunda.

Sebelum  tari gemu Famire  dimulai dibuka dengan   menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama   diiringi langsung  oleh Korp Musik Lanud Adi Soemarmo.

Dalam melakukan tari Gemu Famire para peserta menggunakan seragam olahraga angkatan masing-masing baik TNI maupun Polri. Untuk peserta wanita menggunakan rumbe-rumbe merah putih, sedangkan  peserta pria dari Lanud Adi Soemarmo dan Depohar 50 menggunakan seragam biru TNI AU dan ikat kepala merah putih.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

3.900 Peserta Tari Gemufamire di Lanud Adi Soemarmo Ambil Bagian Pecahkan Rekor Muri