TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

4 FAKTOR PENYEBAB LAKA-LANTAS

By 27 Jun 2012Berita
Mustangsatriamandala

Setiap 17 menit sekali satu nyawa melayang akibat kecelakaan lalu-lintas, demikian dikatakan Mayor Pom Ery Yulianto, pada briefing pagi diruang Tedy Kustari, Dinas Operasi Lanud Iswahjudi, Rabu (27/6).

Hal tersebut dikatakan Mayor Pom Ery Yulianto yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Seksi Penelitian dan Pengamanan (Kasi Litpam) Satpom Lanud Iswahjudi, menurut data dari Kepolisian Republik Indonesia, bahwa setiap 17 menit sekali satu nyawa melayang akibat dari kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia.

Sementara menurut Mayor Pom Ery Yulianto, penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi, faktor manusialah menjadi peringkat pertama, selanjutnya faktor kendaraan, factor jalan dan factor cuaca/alam.

Menyikapi data Kepolisian RI tersebut, Satpom Lanud Iswahjudi yang saat ini dikomandani Mayor Pom Nur Isman memandang perlu untuk menekankan kepada seluruh anggota Lanud Iswahjudi, agar Laka-Lantas yang merugikan banyak pihak tersebut tidak terjadi di Lanud Iswahjudi. Oleh karenanya Mayor Pom Ery Yulianto ditugaskan untuk menyampaikan faktor-faktor penyebab Laka-Lantas agar mampu mengeliminir terjadinya kecelakaan.

Sementara kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Lanud Iswahjudi, pada tahun 2010 terjadi laka lantas swebanyak 19 kali 16 luka berat/ringan dan 3 maninggal dunia. Pada tahun 2011 terjadi 38 kali laka lantas, 36 luka berat/ringan, 2 maninggal dunia. Sedangkan pada tahun 2012 telah terjadi 9 kali laka lantas, 9 luka berat/ringan.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

4 FAKTOR PENYEBAB LAKA-LANTAS