Berita

413 SMK se- Jabar Ikuti PKBN di Lanud Sulaiman

Dibaca: 15 Oleh 04 Des 2012Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Memasuki hari kedua sebanyak 413 Sekolah Menengah Kejuruan se-Jawa barat dan 98 diantaranya berstatus sekolah negeri dan 279 siswa mengikuti pelatihan Pembinaan Karakter dan Bela Negara bagi Guru Pembina Osis SMK se- Indonesia di Lanud Sulaiman.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kadispotdirga (Kepala Dinas Potensi Kedirgantaraan) Marsekal Pertama TNI Khoirul Arifin yang bertindak selaku Inspektur upacara pada pembukaan pelatihan PKBN yang dilaksanakan di lapangan apel Skadik 204 Lanud Sulaiman Senin (03/12). Hadir pada kesempatan tersebut bapak Sugiharto dari staf Dikmen Kemendikbud Jakarta, para kepala dinas, komandan skadik, serta para undangan dan pihak terkait yang menangani kegiatan tersebut, baru-baru ini.

Dalam amanatnya Kadispotdirga menyatakan bahwa tujuan pelatihan pembinaan karakter bangsa dan bela negara ini adalah untuk membentuk kader PKBN agar memiliki sikap perilaku yang beriman dan bertaqwa, berbudi pekerti luhur, tangguh serta berakhlak mulia, memiliki kesadaran bela negara yang berkemampuan, berketrampilan serta berkualifikasi instruktur sebagai teladan dan penguat moral bagi peserta didik dan lingkungannya.

Sementara itu, bapak Sugiharto dari staf Dikmen Kemendikbud Jakarta, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan PKBN ini mempunyai arti keseluruhan bahwasannya guru pembina Osis SMK adalah sebagai kader atau penyuluh bagi generasi muda dengan pedoman falsafah pendidikan, membentuk generasi penerus yang memiliki karakter dan wawasan kebangsaan, guna menciptakan Ketahanan Nasional untuk mencapai Indonesia adil, makmur, dan sentosa.

Kegiatan tersebut mengusung tema ” Dengan pelatihan pembinaan karakter bangsa dan bela negara bagi guru SMK seluruh Indonesia, diharapkan memiliki sikap, perilaku yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur, tangguh, dan berkarakter mulia agar dapat berkemampuan menjadi tenaga pendidik teladan dan penguat moral di lingkungannya.”

Para peserta akan mengikuti pelatihan tersebut hingga tanggal 7 Desember 2012 dengan materi bina kelas yang akan disampaikan meliputi ceramah bela negara, Wawasan Nusantara, sejarah Perjuangan Bangsa, Sosial Budaya ( materi disampaikan dari Dosen UPI Bandung). Sedangkan materi bina lapangan meliputi PBB, pembinaan praktek lapangan, penyebrangan basah, mendayung balik perahu, flying fox, jaring pendarat, merayap tambang, dan peluncuran.

Baca juga:  Atlit Aeromodelling Kalsel Raih Juara Umum di Kejurnas Liga RC Pylon Race Seri III Tahun 2013

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel