Berita

44 Tahun Lalu Lanuma Panasan Menjadi Lanuma Adisumarmo

Dibaca: 19 Oleh 28 Jul 2021Tidak ada komentar
foto patung Adisumarmo
#TNIAU 

TNI AU : Surakarta. Lanud Smo. 44 tahun yang lalu tepatnya tanggal 28 juli 1977 telah dibangun sebuah patung yang diambil dari salah satu pahlawan TNI AU, beliau adalah Adisumarmo Wiryokusumo, dimana beliau gugur sebagai pahlawan saat menjalankan tugas mulia bagi bangsa Indonesia. Karena jasa-jasanya maka pada tanggal 28 Juli 1977 Patung Adisumarmo Wiryokusumo diabadikan dalam rangka penggantian nama Lanuma Panasan menjadi Lanuma Adisumarmo dan saat itu diresmikan oleh Kasau (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsdya TNI Ashadi Tjahjadi. Rabu (28/7)

Patung Adisumarmo Wiryokusumo yang berdiri tepat didepan Mako Lanud Adi Soemarmo ini dipersembahkan kepada Kapten Anumerta Adisumarmo Wiryokusumo (Radio Telegrafis Udara)  yang gugur sebagai Kusuma bangsa pada peristiwa tertembak jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA di Ngoto Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 1947.

Dalam riwayat singkatnya, Adi Sumarmo dikenal sebagai perintis TNI AU merupakan pendiri sekolah Radio Telegrafis Udara yang pertama kali di lingkungan Angkatan Udara dan merupakan embrio dari Sekolah Radio Udara di kemudian hari. Peran radio AURI sangat besar karena mampu membuka mata dunia terhadap perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Namun kariernya di Angkatan Udara begitu singkat, Adi Soemarmo mendapat perintah menjadi Radio Operator pesawat VT-CLA yang terbang ke India dalam upaya mengambil bantuan obat-obatan yang diberikan oleh Palang Merah Malaya dan India.

Keberadaan Lanuma Adisumarmo yang sekarang menjadi Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo lebih dikenal masyarakat dengan nama Lanud Adi Soemarmo. Selain sebagai lembaga pendidikan Lanud Adi Soemarmo diketahui masyarakat juga sebagai tempat pembinaan potensi kedirgantaraan.  

Baca juga:  Upacara Pembukaan Kader Bela Negara ProvinsiI NTT 2018 Di Lanud Eltari

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel