Berita

48 Siswa Sekbang TNI Terpadu A-91 Ikuti Pelatihan CommSkill

Dibaca: 13 Oleh 13 Des 2016Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Pelatihan Keterampilan Komunikasi (Communication Skill) merupakan salah satu program Dinas Psikologi Angkatan Udara, khususnya Subdis Psikologi Penerbangan, dalam mengasah potensi psikologi dan soft skill siswa Sekolah Penerbang.

Sebanyak 48 Siswa Sekbang TNI terpadu ikut andil dalam pelatihan ketrampilan komunikasi yang dipandu oleh Tim dari Dinas Psikologi Angkatan Udara dibantu Tim Psikologi Akademi Angkatan Udara, dan Tim Psikologi Lanud Adisucipto. Pelatihan tersebut dengan agenda merancang kegiatan selama tiga hari yaitu dimulai dari 6 sd 8 Desember, bertempat di Skadik 104.

Komandan Skadik 104 Letkol Pnb. Safeano Cahyo memberikan apresiasi terkait kegiatan pelatihan ketrampilan komunikasi bagi siswa sekbang TNI terpadu A-91. Kedepan harapanya bisa memberikan manfaat dan mendukung dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai insan Penerbang TNI.

Sementara Kasubsi Psikologi Lanud Adisucipto Kapten Kes Ade Pane, S. Psi, disela-sela acara menyampaikan bahwa hari pertama dan kedua merupakan pembekalan materi tentang pengembangan diri, teknik motivasi, komunikasi interpersonal, publik speaking, teknik presentasi, serta persepsi dan ilusi. Pembawa materi menguji tingkat pemahan siswa dengan mengadakan lomba pidato improvisasi (tanpa teks) dengan tema yang sudah disiapkan panitia. Waktu mempersiapkan pidato hanya lima menit yang didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing. Tiap kelompok memilih dua orang perwakilan untuk berpidato selama lima menit tanpa teks.

Baca juga:  Kliping Berita Media 26 Maret 2019

Kapten Kes Ade Pane, S.Psi, menambahkan secara umum, para siswa yang mewakili kelompoknya sudah tampil bagus dan percaya diri. Penguasaan materi, kesesuaian topik dengan isi, kelancaran, keruntutan/sistematika sudah cukup baik. Namun, hal yang masih perlu ditingkatkan lagi antara lain: Penguasaan audiens, kontak mata, ekspresi/gaya, diksi atau pilihan kata serta dalam hal intonasi/tekanan kata.

Hari ketiga dilaksanakan kegiatan psikologi lapangan dengan memanfaatkan sarana yang ada di Jupiter Adventure Zone. Berbagai permainan psikologi dirancang untuk mengeksplore kemampuan siswa secara perorangan dan kelompok, seperti melatih daya ingat, problem solving, kepercayaan diri, keberanian, kerjasama, komunikasi, rela berkorban, kreativitas, kekompakan, papar Pane.

Ketua Tim Pelaksana kegiatan Mayor Kes Ariyanto, M.Psi dalam sesi evaluasi mengatakan bahwa kegiatan terlaksana dengan lancar dan sesuai tujuan yang diharapkan. Semangat, antusias, keaktifan, dan kerjasama siswa selama kegiatan dinilai cukup baik. Ia juga berpesan agar materi dan praktek yang sudah diajarkan serta dilaksanakan menjadi nilai tambah bagi siswa dalam peningkatan soft skill yang berguna bagi diri sendiri dan kedinasan

Baca juga:  Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Buka Pendidikan Konversi 17

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel