Berita

48 TAHUN SKADRON UDARA 7

Dibaca: 1 Oleh 28 Mei 2013Tidak ada komentar
48 TAHUN SKADRON UDARA 7
#TNIAU 

Skadron Udara 7 pada tanggal 25 Mei 2013 genap berusia 48 tahun dan diperingati hari Senin (27/5) di Apron Skadron Udara 7, Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang dengan Irup Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Eding Sungkana, S AB.. Komandan berharap dihari jadinya yang hampir setengah abad, dapat memberikan makna dan nilai manfaat bagi pengabdian para prajurit dan warga Skadron Udara 7.

“Walaupun dilaksanakan secara sederhana, namun memiliki makna yang tinggi serta diharapkan mampu membangun rasa kebanggaan Warga Skadron Udara 7, untuk membangun soliditas personel serta meningkatkan semangat berjuang untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme yang lebih baik:’ tambah Dan Lanud

Dikatakan Secara historis, perjalanan Skadron Udara 7 dimulai ketika pada tanggal 25 Mei tahun 1965 dibentuknya Wing Operasi 004 di Lanud Atang Senjaya, Bogor. Wing Operasi 004 merupakan satuan setingkat brigade dibentuk untuk mewadahi satuan-satuan Pesawat Helikopter guna melaksanakan kegiatan Angkatan Udara seperti angkutan VIP/logistik, evakuasi medis, Search And Rescue (SAR), mobilitas udara dan lainnya.

Baca juga:  Wara adakan Pemeriksaan Kesehatan “Pap Smear”

Diawal pembentukannya Skadron Udara 7 melaksanakan tugas operasi serbaguna yang mampu menembus berbagai medan, baik operasi militer maupun operasi kemanusiaan. Disamping itu, Skadron Udara 7 mendapat perintah pimpinan TNI Angkatan Udara untuk menyelenggara-kan pendidikan khusus Pilot Helikopter (chopper) mulai tahun 1978.

Sejak itu secara bertahap diselenggarakan pendidikan Penerbang Helikopter untuk TNI Angkatan Udara. Selanjutnya menyelenggarakan pendidi-kan siswa dari luar Angkatan Udara dalam program Sekolah Penerbang (Sekbang) PSDP (Prajurit Sukarela Dinas Pendek).

Selain mendukung operasi udara juga secara rutin Helikopter EC 120 Colibri melaksanakan stand by Searching and Rescue (SAR) di Pangkalan-pangkalan udara Jajaran TNI AU, mendukung angkutan udara bagi pejabat TNI AU serta tugas-tugas lainnya.

Selanjutnya Kata Dan Lanud melihat besarnya peran dan fungsi yang diemban oleh Skadron Udara 7 dengan pesawat Helikopternya, merupakan kebutuhan yang mutlak diperlukan. “Berbagai tugas yang harus diemban oleh Skadron Udara 7 ini, penuh tantangan dengan kedudukan-nya sebagai Skadron Udara Operasional sekaligus juga sebagai Skadron Udara Pendidikan” tambahnya.

Untuk itu Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Eding Sungkana, S AB meng harapkan peran dan fungsi Skadron Udara 7 yang mengoperasikan dua jenis Pesawat Helikopter Bell 47 G Soloy dan EC 120 Colibri tersebut dapat melaksanakan tugas dengan baik dan lancar. Selain itu Komandn mengucapkan selamat kepada warga Skadron Udara 7 yang telah berhasil melaksanakan demo udara Dynamic Pegasus pada 9 April 2013 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Hal itu merupakan penghargaan dan prestasi sehingga akan menjadi catatan sejarah TNI AU khususnya Skadron Udara 7 yang kita cintai ini.

Baca juga:  22 Personel Lanud Soewondo Naik Pangkat

Akhirnya Komandan lanud minta Kepada Komandan Skadron Udara 7, Letkol Pnb Khairun Aslam beserta staf untuk dapat mempertahankan prestasi yang sudah dicapai dan terus ditingkatkan agar keberadaan Skadron Udara 7 selalu siap siaga untuk mendukung Lanud Suryadarma dalam melaksanakan tugas operasi udara khususnya di jajaran Koopsau I.

Hadir dalam upacara tersebut para pejabat Muspida Kabupaten Subang, Danyon 312 Kalahitam, Pejabat Lanud Suryadarma, Wingdik Tekkal dan tamu undangan lainnya. Upacara diikuti personel Lanud Suryadarma dan Kompi B BS Paskhas dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Pnb Zein M Achwan P dengan perwira upacara Lettu Pnb Triwanto.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel