Berita

550 PRAJURIT TNI IKUTI PRA LATIHAN MENTHAWAI MEGATHRUST DIREX 201

Dibaca: 12 Oleh 03 Des 2013Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Sebanyak 550 prajurit TNI se-Sumatera Barat mengikuti pembukaan pra latihan penanggulangan bencana Menthawai Megathrust Direx unsur TNI tahun 2013 di gedung Rangkayo Basa Padang Sumatera Barat, Senin (2/12). Latihan selama empat hari akan menguji manajemen sistem komando Tanggap Darurat ( Incident Command System) hingga gelar medan sebenarnya. Latihan tersebut selain di ikuti oleh peserta dari dalam negeri juga akan hadir peserta dari berbagai mancaa negara yang akan di gelar menurut recana pada bulan april tahun depan . Menurut Komandan latihan Kol Pnb Jorry S. Kolay saat membacakan amanat pemimpin umum latihan mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauaan yang secara geografis dan geologis terletak di atas lempeng tektonik Euro Asia, Hindia Australia dan Pasific, yang bergerak ke arah saling berlawanan serta pada jalur Ring of Fire sehingga menempatkan Indonesia pada posisi yang rawan terjadi bencana alam. Sedangkan tujuan latihan ini yakni meningkatkan kerjasama dan koordinasi semua unsur dalam kegiatan penanggulangan bencana yang melibatkan baik unsur sipil maupun militer jelasnya.

Baca juga:  Denhanud 472 Paskhas, Telkom, dan Masyarakat Makassar Kirim Bantuan untuk Mamuju dan Majene Sulbar

Sementara itu Danlanud Padang Ltk Pnb HKD Handaka, S.sos, MM menambahkan untuk mendukung sasaran latihan yang maksimal kita terus berupaya untuk meningkatkan berbagai persiapan yang terprogram. Disimulasikan operasional berbagai bantuan militer Internasional dalam kegiatan penanggulangan bencana dalam fase tanggap darurat sangat di butuhkan penanganan yang profesional tambahnya.

Para prajurit selama mengikuti pembekalan mendapatkan berbagai materi penting seperti, pengetahuaan tentang penilaian dampak bencana termasuk pengamatan dan pemotretan udara serta penilaian dampak kerusakan (Rapid assessment). Selain itu pengetahuan SAR dan Evakuasi , Medis maupun DVI (Disaster Victim Identification) menjadi pelajaran penting dalam kegiatan tersebut. Hadir dalam pembukaan tersebut Danlanud Padang, Pejabat dari Korem 032/ Wb, Lantamal II Teluk Bayur serta Pejabat BPBD Sumbar.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel