Berita

58 Tahun PIA Ardhya Garini; Kembangkan Sikap Adaptif, Kreatif Dan Inovatif

Dibaca: 42 Oleh 26 Nov 2014Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Di era global dewasa ini, arus informasi, khususnya soal nilai dan budaya asing, begitu kuat menerpa dalam kehidupan kita.   Tidak jarang, nilai dan budaya tersebut, kemudian membawa kita pada pola dan gaya hidup yang tidak sesuai dengan norma dan sistem nilai di negara kita. Untuk mengantisipasi keadaan tersebut, diharapkan kita lebih selektif dan mampu mengembangkan sikap realistis.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia selaku pembina utama Persatuan Istri Anggota TNI AU (PIA) Ardhya Garini, mengatakan menghadapi globalisasi dewasa ini, anggota PIA Ardhya Garini dituntut mampu mengembangkan sikap adaptif, kreatif, dan inovatif, sehingga lebih siap menghadapi gerak dan dinamika perubahan sosial yang berjalan begitu cepat.

“Meghadapi dinamika sosial dewasa ini, saya berharap seluruh anggota PIA Ardhya Garini senantiasa memantapkan jati diri dengan selalu berpegang pada  nilai-nilai budaya dan jati diri bangsa, sehingga punya perisai yang kokoh untuk melindungi diri dan keluarga dari terpaan globalisasi yang dapat menggoyahkan sendi-sendi kehidupan kita” demikian ditegaskan Kasau saat memberikan sambutan pada peringatan ke-58 Hari Ulang Tahun (HUT) PIA Ardya Garini di gedung Puri Ardhya Garini, halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (25/11).

Sementara itu, Ketua Umum PIA AG Ny. Dewi IB Putu Dunia mengingatkan bahwa tugas anggota PIA Ardhya Garini begitu kompleks, selain sebagai ibu rumah tangga juga berperan ebagai istri pendamping tugas suami.   Menurutnya,  peran ini, menuntut anggota PIA Ardhya Garini dapat mengelola waktu secara cermat dan bijaksana.  Untuk itu, diperlukan kebesaran hati serta keikhlasan yang tulus, agar peran yang diemban, baik di keluarga, organisasi maupun masyarakat dapat berjalan dengan serasi dan seimbang.

Baca juga:  SOSIALISASI PENANGANAN IMIGRAN GELAP DI LANUD JAYAPURA

“Saya optimis, bila dilaksanakan dengan ikhlas, bukan mustahil semua  peran  itu dapat berjalan dengan harmonis” kata Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Dewi IB Putu Dunia

Rangkaian HUT ke-58 PIA Ardhya Garini kali  ini, diisi dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan sejak 19 Juni 2014 lalu,  Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan seperti pembagian paket Sembako untuk anggota honorer dan Wara kawuri, bazar, ceramah kesehatan, pertandingan olahraga serta ziarah ke TMP Kalibata dan puncaknya dilaksanakan resepsi peringatan HUT PIA Ardyha Garini.

Tema yang diusung dalam peringatan HUT PIA Ardhya Garini kali ini adalah, “Dengan Semangat Pengabdian dan Kebersamaan, PIA Ardhya Garini Siap Meningkatkan Kepedulian Sosial Melalui Pendidikan dan Kesehatan Guna Menyukseskan Kesejahteraan Keluarga Besar TNI Angkatan Udara dan Pembangunan Bangsa” .

Manifestasi paling nyata dari tema tersebut adalah kepedulian sosial.  Bagi PIA Ardhya Garini kegiatan sosial merupakan komitmen atas tujuan pendirian organisasi, yaitu  memelihara kesetiakawanan sosial dan meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.  Komitmen tersebut diwujudkan melalui kegiatan bhakti sosial berupa pengobatan gratis, khitanan massal, operasi katarak, pelayanan KB, kursus keterampilan gratis, merias wajah, dan memberikan sembako bagi rakyat miskin di DesaSeraya Tengah Kabupaten Karang Asem Bali.

Baca juga:  Lanud Rsn Gelar Safety Meeting

Selain itu juga pemberian santunan untuk Panti Sosial Tresna Werdha Mulia I Cipayung Jakarta Timur, pemberian hewan qurban berupa  2 ekor sapi untuk warga sekitar Lanud Atang Senjaya Semplak Bogor, pemberian 900 paket sembako untuk Warakawuri, petugas kebersihan dan petugas kesehatan TMP Kalibata, memberikan bantuan berupa kebutuhan sehari hari untuk Panti Asuhan Dharma Jati II di Denpasar Bali, serta mengadakan ceramah rohani dan sholat Tasbih dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.

Bentuk kepedulian lain yang  diselengarakan oleh PIA Ardhya Garini dalam rangka menyambut HUT tahun ini adalah silaturahim karena silaturahim adalah kunci terbukanya rahmat dan pertolongan Allah SWT. Dengan silaturahmi, maka ukhuwah Islamiyah akan terjalin dengan baik. Untuk lebih mempererat rasa persaudaraan, ikatan batin, Ibu Dewi IB Putu Dunia bersilaturahmi ke kediaman mantan Ketum PIA Ardhya Garini Ibu Ratna Andarwati Herman Prayitno.  Secara rutin pengurus PIA Ardhya Garini juga mengadakan silaturahmi dengan para Ketua PIA Ardhya Garini jajaran dan istri senior.  

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM anggota, Pengurus PIA Ardhya Garini telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti ceramah “Menanamkan Budi Pekerti pada Anak” yang disampaikan oleh Prof Dr H Arief Rahman M Pd, dan ceramah tentang “Optimalisasi Potensi Diri dalam Menghadapi Era Globalisasi”  oleh Bapak Bebet Darmawan.

Acara HUT ke-58 PIA Ardhya Garini kali ini juga dimeriahkan oleh penampilan aneka tarian daerah yang diperankan oleh ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang.   Beberapa tarian tersebut meliputi tari Tor-Tor kreasi, persembahan ibu-ibu PIA AG Cab BS Seskoau, Tari Piring persembahan sanggar tari Budaya, Vokal Grup persembahan PIA AG Cab 2/G.II Lanud Adi Sucipto, Tarian Kalimantan persembahan PIA AG Gab IV Korpaskhas, dan Tari Kolosal oleh PIA AG Cab 2/D.I Lanud Halim Perdanakusuma.

Baca juga:  KETUM PIA AG KUNJUNGI PIA LANUD SUPADIO

Hadir pada kesempatan tersebut Wakasau Marsdya TNI Bagus Puruhito, para pejabat TNI AU, Ibu Roesmin Noerjadin,Ibu Mukidah Rilo Pambudi, Ibu Pusparani Chappy Hakim, Ibu Ratna Sinar Sari Djoko Suyanto, Ibu Ratna Andarwati Herman Prayitno, Ibu Esa Subandrio, Ibu Maya Imam Sufaat, para mantan wakil Ketua Umum PIA AG, Warakawuri, PIA AG jajaran Bakorda Jakarta, serta perwakilan Wara, PNS, dan guru-guru sekolah Angkasa.

58 Tahun PIA Ardhya Garini; Kembangkan Sikap Adaptif, Kreatif Dan Inovatif
Ketua Umum PIA Ardhya Garini  Ny. Dewi IB Putu Dunia didampingi Pembina Utama Marsekal IB. Putu Dunia,  Wakil Ketua Umum Ny. Rina Bagus Puruhito dan Ketua Panitia HUT ke-58 PIA AG Ny. Ida Bagus Anom Manuaba  bersama anggota PIA Ardhya Garini yang berprestasi Ny. Lucky Lestari, isteri dari Mayor Pnb Tarmuji Hadi Susanto S.AP, M.MMS anggota PIA AG Cab 5/ D.I Lanud Suryadarma Kalijati, Subang, pada perayaan HUT ke-58 PIA AG di gedung Puri Ardhya Garini, Lanud Halim P, Jakarta, Selasa (25/11). (Foto : Dispenau)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel