Berita

60 Calon Siswa Sekbang dan Navigator Tiga Angkatan dididik Bareng

Dibaca: 24 Oleh 11 Nov 2014Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Komandan Kodikau Marsekal Muda TNI Nurullah S.IP, membuka Pendidikan Sekolah Penerbang TNI Terpadu Angkatan ke 89 dan Sekolah Navigator A-12 di Gedung Wisma Adisutjipto Senin (10/11) Lanud Adisutjipto. Ke 62 siswa terdiri dari 50 orang untuk calon penerbang TNI dan 12 orang untuk calon navigator. Sekbang terpadu kali ini merupakan sekbang pertama yang diikuti oleh ketiga Matra yang berasal dari perwira remaja AAU tahun 2014 dan Akmil dan AAL tahun 2013.

Komandan Kodikau dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelaksanaan Pendidikan khususnya sekolah dasar kecabangan penerbang, tidaklah mudah seperti pendidikan-pendidikan lainnya, karena pendidikan ini mempunyai resiko yang tinggi, bahkan bisa berakibat fatal. Tetapi bila dilaksanakan dengan prosedur yang benar dan tepat, resiko tersebut bisa diminimalkan bahkan dihilangkan. Dankodikau juga menekankan agar para instruktur maupun para siswa harus memegang teguh displin, dan melaksanakan semua kegiatan sesuai prosedur yang telah ditetapkan, sehingga pendidikan ini dapat berlangsung dengan lancar dan aman. Pesannya.

Sekolah Penerbang TNI Terpadu ini merupakan jawaban atas keinginan pimpinan TNI untuk mendidik penerbang yang berasal dari satu sumber, sehingga akan tercipta integrasi dan kesatuan visi dalam setiap operasi nantinya. Sedangkan jumlah penerbang yang terdiri dari 41 Angkatan Udara, dua Angkatan Laut, dan tujuh dari Angkatan Darat. Merupakan jumlah yang cukup besar dibanding Sekbang-Sekbang yang pernah ada. Jumlah yang cukup besar ini merupakan kebutuhan TNI AU dalam mempersiapkan diri di bidang SDM dalam pembangunan Pertahanan TNI khusunya diudara.

Baca juga:  Komandan Lanud Silas Papare Sambut Kedatangan Kunjungan Kerja Presiden RI

Direncanakan, pendidikan di Sekolah Penerbang akan ditempuh selama 16-19 bulan dengan tahapan pendidikan Bina Kelas ( Ground School ) di laksanakan di Skadik 104 sebanyak 1548 jam pelajaran, tahapan bina terbang sebanyak 181 jam terbang. tahap Latih Dasar dengan pesawat latih Grob dilaksanakan di Skadik 101, sedang tahap Latih Lanjut menggunakan pesawat KT-1 B dilaksanakan di Skadik 102. dan juga mengunakan pesawat colibri.

Hadir dalam Upacara Pembukaan Pendidikan Sekbang Angkatan ke 89 dan Seknav Angkatan 12 diantaranya adalah Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Yadi I. Sutanandika, M.S.S, KaRuspau Hardjolukito Marsma TNI dr. Benny H. Tumbeleka, Sp. OT.,MH.Kes., Sp.KP, Gubernur AAU diwakili oleh Kol Pnb Firdaus (Dirjian AAU), Danwingtar AAU Kol Pnb Ronald, Dirops Kodikau Kol Pnb Dumex, Komandan Wingdikterbang Lanud Adisutjipto Kol Pnb Ign Wahyu Anggono, SE, dan para pejabat di lingkungan Lanud Adisutjipto.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel