Berita

65 TAHUN POLISI MILITER TNI ANGKATAN UDARA

Dibaca: 50 Oleh 01 Nov 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Upacara memperingati HUT ke 65 POMAU di Pangkalan Udara Suryadarma dengan Irup Komandan Lanud Kolonel Pnb H. Dumex Dharma, S AP, M Si (Han) dan bertindak sebagai Komandan upacara Kapten Pom Abdul Azis Zan, diikuti seluruh personel Lanud Suryadarma dan Wingdik Tekkal, Selasa (1/11).

“Selamat ulang tahun ke-65 POMAU dengan harapan kepada segenap Personel POMAU agar bekerja lebih baik dalam melaksanakan tugas sebagai penegak hukum di TNI Angkatan udara” kata Komandan Lanud dalam sambutan awalnya sebelum membacakan amanat Kasau.

Sementara itu Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Dede Rusamsi atas nama Kasau dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Komandan Lanud Suryadarma mengatakan bahwa peringatan ini diharapkan akan dapat memberikan makna dan nilai manfaat bagi pengabdian prajurit dan warga POMAU. “Peringatan hari jadi merupakan saat yang tepat untuk melakukan introspeksi kembali, melihat ke belakang dan menata masa depan secara lebih baik”, kata Wakasau.

Dikatakan hari jadi Polisi Militer Angkatan Udara yang ke-65 pada 1 November ini sekalipun dilaksanakan secara sederhana, memiliki makna historis yang mendalam yang diharapkan mampu membangun rasa kebanggaan korp POMAU, membangun soliditas personel serta meningkatkan semangat kejuangan yang berdampak pada peningkatan kinerja da profesionalisme. Secara historis, pembentukan POMAU didasari pada beratnya beban kerja dihadapkan dengan jumlah personel yang terbatas. Oleh sebab itu, pimpinan AURI saat itu memandang perlu untuk mengadakan “Sekolah Istimewa” dibidang pengetahuan Kepolisian. Sekolah tersebut diberi nama Sekolah Polisi Angkatan Udara Darurat dan dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 1 November 1946 dan selanjutnya tanggal tersebut dijadikan sebagai hari jadi Polisi Militer Angkatan Udara.

Baca juga:  Ketua Umum Pia Ag Tinjau Rumah Ketrampilan Bawin Dayak

Selanjutnya Wakasau melihat besarnya peran dan fungsi yang diemban oleh POMAU, oleh karena itu kehadiran polisi militer dengan tugas-tugas polisionalnya merupakan kebutuhan yang mutlak diperlukan. Tugas tersebut diselenggarakan untuk menjamin adanya ketertiban, kedisiplinan dan kepatuhan prajurit terhadap ketentuan serta aturan hokum yang berlaku.

Tema peringatan Hari Jadi ke-65 POMAU adalah “Melalui Peningkatan Disiplin Pribadi Kita Wujudkan Penegakkan Disiplin dan Tata Tertib Satuan Dalam Rangka mendukung Keberhasilan Tugas-tugas TNI Angkatan Udara“.

Diakhir sambutannya Wakasau menekankan yaitu tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta tegak amalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI dalam setiap pelaksanaan tugas. Jaga dan pelihara soliditas satuan, serta tingkatkan kerjasama dengan institusi terkait agar sinergi kemampuan dapat senantiasa terbangun, contoh dan suri tauladan dalam ketertiban, kedisiplinan dan ketaatan humum.

Hadir dalam upacara tersebut Para Kadis di jajaran Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal serta seluruh pejabat lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel