TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

69 TON BANTUAN GEMPA BUMI DI LOMBOK DIBERANGKATKAN DARI POSKO LANUD ADI SOEMARMO

By 13 Aug 2018Berita
DSC_1396

TNI-AU.  Puluhan ton bantuan gempa bumi untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) di berangkatkan  dengan pesawat TNI AU dari Bandara Lanud Adi Soemarmo, Kecamatan Ngemplak,  Kabupaten Boyolali, Sabtu (11/8).

Kapolda Jawa Tengah  Irjen Pol Condro Kirono mengatakan bantuan sebanyak 69 ton ini dikumpulkan dari TNI-POLRI dan elemen masyarakat di wilayah Jawa Tengah yang meliputi  antara lain berupa beras, , mie instan, susu, keperluan bayi, selimut, tenda, tikar dan obat-obatan.

Sedangkan  Danlanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang B. Sos., menyampaiakan  pengiriman 69 ton itu dilaksanakan secara bertahap.  Tahap pertama TNI AU mengerahkan empat pesawat, satu pesawat Herkules C-130, dua pesawat tipe CN- 295 dan satu pesawat tipe CN -235. Masing masing pesawat akan diberangkatkan dua sorty penerbangan,  kecuali Herkules satu sorty., sehingga pada hari ini bantuan yang bisa  diberangkatkan sebanyak 25 ton.

“Sedangkan sisa barang yang belum bisa terangkut,  akan segera dikoordinasikan dengan Mabes TNI AU, sehingga diharapkan dalam waktu dekat ini, hari Senin atau Selasa seluruh logistik  yang masih tersimpan di Posko Lanud Adi Soemarmo segera   bisa dikirim ke Lombok untuk membantu  saudara-saudara kita yang sedang mengalami korban gempa”. Ujarnya.

Selain pemberangkatan logistic, lanjut Danlanud  pada hari ini juga di berangkatkan 42 relawan yang berasal dari berbagai komunitas yang bersal dari wilayah Jawa Tengah, mereka selanjutnya akan bertugas di sana untuk membantu evakuasi dan pendistribusian  barang kebutuhan korban.

Pada kesempatan tersebut  Danlanud juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dan memberikan bantuan kepada korban gempa baik dalam bentuk materiil maupun non materiil.

Sedangkan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto menjelaskan, bantuan yang terkumpul merupakan wujud kepedulian seluruh masyarakat Jawa Tengah. Bantuan tersebut dikordinasikan oleh Kodim dan Polres se-Jateng dan diteruskan ke Posko bantuan korban gempa  Lombok di Lanud Adi Soemarmo.

Sebelum acara pemberangkatan  diawali dengan penyerahan secara simbolis bantuan gempa bumi di Lombok oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol  Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, Danlanud Adi Soemarmo Kolonel PNB Indan Gilang B. Sos., dan Danlanal Semarang Kolonel Laut (P)  Heri Triwibowo yang masing-masing  diserahkan ke perwakilan Crew pesawat, SAR HNC, dan relawan dan BPBD.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

69 TON BANTUAN GEMPA BUMI DI LOMBOK DIBERANGKATKAN DARI POSKO LANUD ADI SOEMARMO