Berita

72 CALON BINTARA WARA IKUTI TEST SAMAPTA DI LANUD HALIM PERDANAKUSUMA

Dibaca: 216 Oleh 25 Mei 2012Tidak ada komentar
72 CALON BINTARA WARA IKUTI TEST SAMAPTA DI LANUD HALIM PERDANAKUSUMA
#TNIAU 

Tujuh puluh dua calon Bintara Wanita Angkatan Udara (WARA) mengikuti tes samapta A dan B berupa lari selama dua belas menit, sit-up, push-up di lapangan olahraga Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jumat (25/5). Kegiatan ini dipimpin oleh Tim Pembinaan Jasmani Lanud Halim P dibawah komando Kepala Seksi Pembinaan Jasmani Lanud Halim Mayor Kes Edy Sujarwo.

Dari keterangan yang dihimpun, diketahui ketujuh puluh dua calon bintara Wara ini berasal dari daerah Jabodetabek bahkan dari daerah Tangerang Banten. Perbedaan yang paling mendasar antara seleksi penerimaan bintara pria dan wanita hanyalah terletak pada pelaksanaan teknis sikap pull-up dan push-up. “Jika pada pria, pull-up itu dengan teknik menggantung tapi untuk wanitanya dengan teknik cining-up. Hanya saja yang mungkin akan berat untuk dilalui adalah push-up. Namun itupun manggunakan lutut bagi wanita”, kata Mayor Kes Edy Sujarwo menjelaskan.

Lebih lanjut dikatakannya, pentingnya peran setiap orang-tua di dalam mempersiapkan anak gadisnya untuk menjadi Srikandi Udara. Peran ini adalah dengan mempersiapkan diri dengan bekal pengetahuan materi tes samapta apa saja yang akan dilalui. Hal ini agar para peserta seleksi bintara Wara tidak akan terlalu terkejut dengan tuntutan penerimaan anggota militer TNI AU. “Sebetulnya, jika dilatih dari awal akan memberikan hasil yang bagus, dan tes renang akan dilaksanakan setelah istirahat siang ini”, ujarnya.

“Sedangkan untuk tes renang lebih menitikberatkan pada sikap mental bagaimana mengatasi ketakutan akan air, ini sangat penting untuk bisa survive di air dengan segala tekni dan cara”, jelas perwira Binjas lulusan Pa PK tahun 1998.

Tujuh puluh dua calon Bintara Wara tersebut merupakan lulusan SMU, SMK dan telah melaksanakan seleksi kesehatan I, nantinya akan mengikuti Pantukirda, Psikologi, Administrasi, Penelitian Khusus dan Kesehatan II yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan di Panitia Penerimaan Daerah Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma. Dan selanjutnya dalam waktu dekat bagi peserta seleksi yang memenuhi persyaratan akan dikirim mengikuti seleksi ke Panitia Penerimaan Pusat di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. Bagi mereka yang lulus seleksi akan mengikuti Pendidikan Pembentukan Wara di Kaliurang, Yogyakarta selama lima bulan dan jika berhasil menjalani pendidikan mereka akan dilantik menjadi prajurit Wanita Angkatan Udara dengan menyandang pangkat Sersan Dua.

Baca juga:  9 ORANG CASIS TAMTAMA PK LANUD REMBIGA BERANGKAT KE SOLO

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel