TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

73 Tahun Silam Merupakan Perang Fisik Pertama Setelah Kemerdekaan Bangsa Indonesia

By 12 Nov 2018 Berita
PAHLAWAN_1

TNI AU. Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI Andi Wijaya, S. Sos. bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Sabtu, (10/11) bertempat di Stadion Dirgantara Lanud Abdulrachman Saleh berlangsung aman, lancar dan tertib.

Danlanud dalam membacakan sambutan Menteri Sosial RI menyampaikan “Setiap tahun pada tanggal 10 november, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 Tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.”

Lebih lanjut Menteri Sosial RI dalam sambutannya mengatakan “Seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa indonesia.

“Peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan hari palawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.” Tegas Menteri Sosial RI.

Turut hadir dalam upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November tersebut, para Komandan Satuan, pejabat , perwira, bintara, tamtama serta PNS dijajaran Lanud Abdulrachman Saleh beserta Insub

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

73 Tahun Silam Merupakan Perang Fisik Pertama Setelah Kemerdekaan Bangsa Indonesia