Berita

AACC ke-15 Singapura, Kasau Ajak Para Pemimpin AU ASEAN Fokus Tangani Tiga Isu Strategis Regional

Dibaca: 82 Oleh 02 Sep 2018Tidak ada komentar
AACC ke-15 Singapura, Kasau Ajak Para Pemimpin AU ASEAN Fokus Tangani Tiga Isu Strategis Regional
#TNIAU 

 

TNI AU.    Singapu3pra – Dispenau (1/9). Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., mengajak para pemimpin angkatan udara negara-negara ASEAN untuk bersama-sama fokus menangani tiga isu regional, yaitu bencana alam, terorisme, dan keselamatan penerbangan.

“Melalui forum AACC ini, mari kita bawa angkatan udara kita untuk saling bekerja sama sepenuhnya melakukan upaya yang lebih baik dalam menghadapi tantangan dengan memberikan bantuan kemanusiaan pada bencana alam, kontra terorisme serta meningkatkan keselamatan penerbangan,” ajak Kasau.

Ajakan tersebut disampaikan Kasau dalam paparannya pada acara ASEAN Air Chiefs Conference (AACC) ke-15 di Singapura, Sabtu (1/9/2018).

Untuk melaksanakan hal tersebut, Kasau mengajukan tiga opsi kegiatan meliputi pembahasan detail mekanisme _ASEAN Militaries Ready Group (AMRG),_ membentuk ASEAN _Air Force Intelligence Community Forum_ serta membentuk _ASEAN Air Force Safety Forum_ sebagai forum diskusi keselamatan penerbangan.

AACC ke-15 tahun 2018 dihadiri sepuluh pemimpin AU negara-negara ASEAN, yaitu Brunei Darusalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. AACC merupakan forum pertemuan para Kasau ASEAN yang dilaksanakan tiap dua tahun.

Baca juga:  Manuver “maut” warnai gelaran Jogja Air Show 2014

Mengusung tema _”Strenghtening Friendship and Enchancing Regional Security”_ AACC ke-15 tahun 2018 bertujuan membangun saling pengertian dalam berbagai aspek, melayani kepentingan bersama di kawasan, berbagi pengetahuan, pengalaman dan informasi untuk mempersempit kesenjangan serta menyelaraskan prosedur kontrol dengan respon yang lebih cepat terhadap berbagai bentuk ancaman.

AACC juga merupakan ajang untuk meningkatkan perdamaian dan stabilitas di kawasan, serta memromosikan integrasi dan kemitraan yang lebih besar di antara angkatan udara. Forum dua tahunan ini juga berfungsi sebagai media bagi para kepala staf angkatan udara se-ASEAN untuk membahas isu-isu keamanan di kawasan.

Untuk AACC mendatang akan dilaksanakan di Brunei Darusalam yang ditandai dengan serah terima tuan rumah AACC dari CAF RSAF Major General Mervyn Tan (Singapura) kepada _Commander RBAF_ Brigadir General Dato Seri Pahlawan Hj Hamzah bin Hj Sahat.

Dalam AACC tersebut Kasau didampingi oleh Asrena Kasau Marsda TNI Fahru Zaini, S.H., M.DS., Aspam Kasau Marsda TNI Dwi Fajariyanto dan Asops Kasau Marsda TNI Johannes Berchmans SW.0

Baca juga:  PIA AG BAKORCAB KALIJATI ADAKAN PERTANDINGAN VOLI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel