Berita

AAU AKAN GELAR KOMURINDO 2011

Dibaca: 4 Oleh 24 Jun 2011Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Sebagai upaya peningkatan peran dan eksistensi Akademi Angkatan Udara (AAU) kepada masyarakat khususnya bidang penguasaan Teknologi Dirgantara dan ruang Angkasa, AAU bersama sama dengan Lapan, DIKTI, UGM, Pemda Bantul, akan menyelenggarakan Kontes Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2011 pada hari Minggu, tgl 26 Juni 2011 yang akan dibuka oleh Menteri Pendidikan Nasional (MENDIKNAS) Prof.Dr.Ir.H.Mohammad Nuh,DEA di Pantai Pandansimo-Desa Poncosari, kecamatan Srandakan, kab Bantul Yogyakarta. Penyelenggaraan event yang diselenggarakan sejak 2008 ini dikemukakan Direktur Pengkajian (Dirjian) Kolonel Sus Supomo mewakili Gubernur AAU pada wartawan saat jumpa pers di Parangtritis Yogyakarta, Kamis (23/6).

Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo)2011 ini merupakan ajang kompetisi prestasi di bidang rancang bangun muatan roket bagi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan juara hasil rancang bangun muatan roket (Payload), yang mampu kembali/menuju sasaran yang telah ditentukan(Homming), setelah terlepas dan terpisah dari peluncur roket seri RUM70-100-LPN. Disamping itu Komurindo 2011 ini bertujuan untuk menyiapkan bibit unggul yang berminat menggeluti teknologi kedirgantaraan, khususnya peroketan melalui sarana space education serta meningkatkan rasa cinta dirgantara bagi masyarakat luas dalam rangka menuju kemandirian Indonesia di bidang peroketan.

Baca juga:  Tradisi Purna Bhakti Yonko 463 Paskhas

Persyaratan yang dilombakan pada Kompetisi yang diselenggarakan untuk ke tiga kalinya ini ,yakni roket berbentuk silinder berisi rangkaian elektronik dan sistim akuator yang berfungsi sebagai perangkat telemetri untuk meteorologi dengan menggunakan 3 sensor yaitu temperatur, tekanan dan kelembaban. Pemandu arah terbang muatan menuju sasaran menggunakan kompas dan bersifat aotonomous sekaligus bisa berkomunikasi dengan sistim kendali operator di ground segment, ukuran dimensinya berdiameter 100 mm, tinggi 200mm dan berat maksimal 100 gram.

Menjawab pertanyaan wartawan Kolonel Sus Supomo mengatakan Komurindo 2011 akan diikuti 40 tim yang merupakan hasil seleksi dari 73 tim perwakilan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta seluruh Indonesia yang mengajukan proposal ke panitia. Masing masing tim terdiri dari 3 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing. Tim yang lulus seleksi diwajibkan mengirimkan laporan kemajuan rancang bangun penelitiannya melalui gambar video.

Event dengan Tema “Attitude Monitoring and Surveillance” ini didukung lima juri berpengalaman dibidang peroketan. Diantaranya Dr. Rika Andiarti (LAPAN), Dr Endra Pitowarno (PENS-ITS), Dr. Indrawanto (ITB), Dr.Wahidin Wahab (UI), Dr. Heru Santoso B.R. (UGM). Selain Mendiknas kompetisi ini akan dihadiri pula oleh Ditjen DIKTI, LAPAN,UGM,Pemkab Bantul dan dari Kementrian Ristek serta Undangan Terkait lainnya.

Baca juga:  Danskadud 12 Ajak Anggota dan Keluarga Buka Puasa Bersama

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel