Berita

AAU GELAR PELATIHAN DAN PEMBEKALAN “CHARACTER BUILDING ”

Dibaca: 11 Oleh 21 Jun 2011Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Untuk menggugah kembali pemahaman terhadap karakter Bangsa bagi para Calon Perwira Remaja (Capaja) yang akan segera memulai tugasnya sebagai perwira TNI Angkatan Udara. Akademi Angkatan Udara (AAU) menggelar Pelatihan dan Pembekalan “Character Building bagi Capaja AAU 2011 yang dibuka oleh Gubernur AAU Marsekal Muda TNI I.B. Putu Dunia di Gedung sabang Merauke Ksatrian AAU Senin, (20/6).

Pelatihan dan pembekalan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada para Capaja agar tertanam jiwa kebangsaan yang tinggi. Memahami prinsip-prinsip hidup yang berorientasi pada nilai-nilai kejujuran, keberanian serta bertanggung jawab dan selalu belajar dari kinerja dan prestasi yang telah dicapai oleh para pendahulu sebagai cermin dan motivasi untuk berbuat yang terbaik demi kepentingan Bangsa dan Negara.

Dalam sambutan Pembukaannya Gubernur menghimbau kepada seluruh Capaja agar menggunakan Pelatihan dan Pembekalan ini sebagai kesempatan yang baik untuk menyerap semua materi yang berguna dalam menjalankan Tugas dan dalam kehidupan sehari-hari. Gubernur Juga berharap bekal yang diperoleh para Capaja dapat terus dikembangkan melalui ”learning by doing” meliputi praktek-praktek dalam segi-segi kehidupan nyata selaku Perwira Angkatan Udara.

Baca juga:  DANLANUD SMO PIMPIN APEL PENERIMAAN SISWA SEKBANG A-85

Hari pertama pelatihan diisi oleh Prof. Dr. Darmiyati Zuhdi yang berbicara tentang Budi Pekerti dan Moralitas yang menekankan pentingnya Pelaksanaan pendidikan moral, karena hampir seluruh masyarakat di dunia, termasuk Indonesia, sedang mengalami patologi sosial yang amat kronis. Bahkan sebagian besar pelajar dan masyarakat kita tercerabut dari peradaban eastenisasi (ketimuran) yang beradab, santun dan beragama ke peradaban barat tanpa seleksi yang matang. Oleh sebab itu, perlu kiranya dalam pengembangan pendidikan moral ini eksistensi SQ harus terintegrasi dalam target peningkatan IQ dan EQ untuk merespon gejala kemerosotan moral tersebut, maka peningkatan dan intensitas pelaksanan pendidikan moral di sekolah merupakan tugas yang sangat penting dan sangat mendesak bagi kita, dan perlu dilaksanakan secara komprehensif. Demikian dikatakan pengajar dari Universitas Negeri Yogyakarta tersebut.

Pelatihan yang diikuti 124 Capaja ini akan berlangsung selama seminggu mengetengahkan pelatihan dan pembekalan mengenai Soft skill (Role Playing) yang dibawakan oleh Direktur pengkajian AAU Kolonel Sus Supomo, Pengetahuan Jurnalistik oleh Letkol Sus Drs. M Agus Suhadi, M.Si. Publik Speaking oleh Ferry Anggara dari TVRI Yogyakarta, Nasionalisme dan Bela Negara, oleh Kolonel Sus Mardoto M.Si.dan Kolonel Adm Suyoko.M.Si. serta Peace Keeping and Military Observer yang dibawakan Kepala Departemen TMI Kolonel Adm Dony R Lubis, S.IP.

Baca juga:  PASIS SEKKAU A-93 LATIHAN OUTBOND

Diharapkan selesai mengikuti kegiatan ini, para Capaja dapat meningkatkan kualitas diri sebagai perwira remaja TNI AU yang lebih baik di masa mendatang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel