Berita

AAU Gelar Upacara pada Peringatan HUT ke-73 TNI AU

By 09 Apr 2019 No Comments
logo-tni-au-featured-1600×900
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 TNI AU, Akademi Angkatan Udara menggelar upacara yang dipimpin oleh Wakil Gubernur AAU Marsma Fachri Adamy, S.E. bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Sus Djoko Prihantoro bertempat di lapangan Dirgantara AAU, Selasa (9/4).

Upacara peringatan HUT ke-73 TNI AU tahun 2019 yang bertemakan “Berlandaskan Jiwa Profesional, Militan, Innovatif dan Kemanunggalan Bersama Rakyat, TNI  Angkatan Udara siap melaksanakan Tugas Matra Udara Dalam Mendukung Tugas Pokok TNI” ini di ikuti oleh segenap Personel TNI AU yang berdinas di Wilayah Yogyakarta merupakan puncak acara pada peringatan HUT ke-73 TNI AU tahun 2019 dalam rangkaian acara sebelumnya berupa donor darah, ziarah di Taman Makam Pahlawan dan Doa Bersama.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., dalam sambutannya yang di bacakan Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsma TNI Fachri Adamy, S.E. mengatakan bahwa peringatan HUT ke-73 TNI AU ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk melestarikan nilai- nilai historis perjuangan TNI AU sejak awal berdiri, serta sebagai evaluasi atas pencapaian yang telah diraih TNI AU sampai hari ini.

Semangat pantang menyerah dan dedikasi para pelopor dan senior yang telah meletakkan pondasi perjuangan TNI AU dalam membela NKRI.  Presiden Soekarno pada peringatan HUT ke-9 AURI tahun 1955 menyatakan “Kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern”, pernyataan Presiden Soekarno tersebut menegaskan bahwa TNI AU memiliki peran stategis dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI.

“Peran penting itu harus kita emplementasikan dalam tugas dan pengabdian kita sehari-hari”, ungkap Kasau.  Kasau juga menyampaikan beberapa kemajuan serta proyeksi prioritas pembangunan TNI AU pada masa mendatang, juga apresiasi kinerja seluruh personel TNI AU dalam tahun 2018 dan triwulan pertama 2019 karena tidak adanya accident yang terjadi.

Selain itu juga telah dilaksanakan operasi bantuan sosial dalam rangka membantu korban bencana alam di Lombok dan Palu, pelaksanaan latihan angkasa yudha 2018, simulasi perang udara dilaksanakan dengan model dua belah pihak yang dikendalikan dengan memanfaatkan sistem olah yudha seskoau, TNI AU juga menciptakan program bantuan untuk kesejahteraan prajurit pada tahun 2018, jajaran logistik TNI AU juga telah melakukan inovasi mengefisienkan penggunaan anggaran.

Berbagai capaian selama tahun 2018 tersebut merupakan prestasi yang harus dipertahankan dan ditingkatkan oleh segenap prajurit TNI AU pada tahun 2019 dan beberapa program prioritas TNI AU pada tahun 2019 adalah memepertahankan zero accident, mempercepat program pengadaan alutsista, memperkuat organisasi dan sistem pertahanan udara serta pembangunan network centric warfare dan TNI AU akan membentu satuan baru yaitu Skadud 33 dan 27, Satrudal ibukota serta 3 Detasemen Hanud Iwj, Rsn dan Rsa, juga peningkatan tipe lanud B menjadi tipe A (lanud Smo, Eli, Sri) dan akan dibangun lanud tipe C (Batam, Saumlaki, Wamena) serta ditambah pos angkatan udara di sorong.

Program prioritas lainnya adalah penyiapan latihan angkasa yudha 2019, peningkatan kemampuan night combat, pelaksanaan operasi kehadiran alutsista TNI AU diseluruh wilayah tanah air, peningkatan kualitas dan transparansi rekrutmen prajurit, evaluasi piranti lunak logistik TNI AU yang tidak sesuai dan peran aktif dalam penyusunan RUU pengelolaan ruang udara nasional.

Turut hadir dalam upacara tersebut pejabat list A, list B, Danlanud Adisutjipto beserta para pejabat Lanud Adisutjipto, Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito beserta para pejabat RSPAU dr. S. Hardjolukito, GM Angkasa Pura II, Dandenhanud paskhas beserta PIA Ardhya Garini CBS AAU, PIA AG Gab.II Lanud Adisutjipto.

Leave a Reply