Berita

AAU LATIH CALON GURU 3T

Dibaca: 8 Oleh 27 Sep 2012Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

“Apa Kabar?…”, ”Luar Biasa…”, “Sedang Apa Kita?..”Mencerdaskan Kehidupan Bangsa…” demikian Yel-yel penambah semangat dan Motivasi ini dikumandangkan 169 Peserta Pelatihan Disiplin Sarjana Mendidik untuk Daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM-3T) sesaat setelah Upacara Pembukaan Diklat kedisiplinan program SM 3T bekerja sama dengan UNY yang dibuka oleh Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Tabri Santoso. Pada upacara tadi hadir Wakil Rektor 1 UNY Prof. Dr.Nurvina Aznam,Apt,SU, Dekan FKIP, dekan dekan UNY, Para Direktur AAU, Para Kadep dan Danwingkarbol AAU. Upacara berangsung di Gedung Sabang-Merauke Ksatrian AAU Yogyakarta, Kamis (27/9).

Sebagai Kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional dalam rangka percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T, adalah Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. salah satu Programnya ialah Sarjana Mendidik di Daerah 3T (SM-3T), Program ini merupakan jawaban mengatasi permasalahan pendidikan di daerah 3T yang diperuntukan bagi Sarjana Pendidikan yang akan ditugaskan selama satu tahun di daerah 3T sehingga membantu mengatasi kekurangan guru, sekaligus mempersiapkan calon guru profesional yang tangguh, mandiri, dan memiliki sikap peduli terhadap sesama, serta memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa, agar dapat maju bersama mencapai cita-cita luhur seperti yang diamanahkan oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Baca juga:  Kejuaraan Bola Voli Antar Instansi Di Lanud Supadio

Dalam rangka itulah UNY bekerjasama dengan AAU mempersiapkan Calon Tenaga pendidik ini untuk dilatih kedisiplinan, keterampilan sosial kemasyarakatan agar mereka dapat beradaptasi dan berkomunikasi secara sosial dengan masyarakat di daerah 3T, serta kepemimpinan dan Wawasan Kebangsaan pembinaan mental, motivasi, dan survival di AAU.

Diplihnya AAU sebagai tempat pelatihan mengingat lembaga yang mencetak calon Perwira TNI AU ini disamping sudah lama menjalin kerjasama juga AAU memiliki Fasilitas dan Personel memadai dalam pelatihan kedisiplinan. Demikian dikatakan Wakil Rektor I UNY dalam sambutan pembukaannya. Selanjutnya Nurvina mengatakan ke-169 peserta SM-3T ini nantinya akan disebar di beberapa daerah yang termasuk kategori daerah 3T seperti daerah Malinau di Provinsi Kalimantan Timur, Gayo Leues di Provinsi Aceh, Ende dan Ngada di Prop. NTT serta beberapa Daerah Sasaran lain yang telah memberikan respon terhadap Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia.

Gubernur AAU dalam Sambutannya yang dibacakan Wakil Gubernur AAU Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso mengatakan AAU memandang perlu bekerjasama dengan Stakeholder Pendidikan seperti Universitas Negeri Yogyakarta agar dapat melatih dan membekali para peserta Latsar Kedisiplinan SM-3T dengan para Pelatih, Pengasuh dan Pendidik AAU yang Profesional. Sehingga tidak perlu khawatir apa yang akan dilaksanakan. Untuk itu Gubernur menghimbau para peserta Latihan agar mempergunakan dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk banyak berlatih dan bertanya, karena ilmu yang akan diberikan sangat berguna dalam penugasan nantinya.(Pen AAU)

Baca juga:  AAU IKUTI CERAMAH BELA NEGARA JAUHI NARKOBA DI UNY

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel