Berita

AAU Selenggarakan Seminar Pendidikan

Dibaca: 14 Oleh 29 Agu 2013Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Pemuda adalah aset sebuah bangsa, melalui para pemudanya yang memiliki jati diri kuat, tangguh serta berkarakter-lah bergantung nasib sebuah bangsa di masa depan. Untuk membangun pemuda yang memiliki jati diri, tangguh serta berkarakter Akademi Angkatan Udara (AAU) menyelenggarakan Seminar Pendidikan dengan tema “Konsep Pembentukan Pemuda yang Tangguh dan Berkarakter dalam Rangka Mendukung Ketahanan Nasional” yang dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) AAU Marsma TNI Iman Sudrajat, SE, Rabu (28/8).

“Sepanjang sejarahmya, dapat kita lihat betapa penting posisi, peran serta pengaruh pemuda terhadap bangsa ini, pemuda adalah generasi penerus sekaligus pengganti, di pundak merekalah bangsa ini menaruh harapan”, demikian disampaikan Gubernur AAU Marsda TNI Tabri Santoso, S.IP dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wagub AAU.

Lebih lanjut Gubernur menambahkan bahwa saat ini pemerintah telah menempatkan pendidikan karakter sebagai prioritas utama guna mewujudkan visi pembangunan nasional yang membentuk manusia indonesia yang berakhlak, berbudi pekerti, dan berperilaku baik dalam rangka mewujudkan bangsa dan negara yang disegani, berdaulat, serta memiliki karakter yang tangguh

Menghadirkan narasumber Prof. DR. Faturochman, MA dari UGM dan Prof. DR. Suwarna, M.Pd, dari UNY diharapkan agar seminar ini mampu menghasilkan konsep atau gagasan-gagasan yang nantinya mampu menjadi bahan masukan dalam rangka pembangunan karakter bangsa.

“Tiga hal yang harus dimiliki untuk menjadi seorang pemuda yang tangguh, adalah daya tahan untuk maju atau sekedar bertahan, kemudian daya banting yang berarti ketika akan jatuh dia tak akan rapuh, dan daya lenting yaitu kemampuan seseorang untuk bangkit lagi ketika mengalami kegagalan”, ujar Prof. DR. Faturochman, MA.

Prof. DR. Faturochman juga menambahkan ketika menjadi seorang pemuda yang sukses berarti ia akan menjadi sesorang yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, agama, lingkungan alam, masyarakat serta bangsa.

Sementara itu Prof. DR. Suwarna, M.Pd dalam makalahnya menyampaikan untuk menjadi seorang pemuda yang sukses dapat meneladani sosok Sumantri, Kumbakarna dan Basukarna dalam pewayangan.

“Dari ketiganya kita dapat meneladani tokoh Sumantri dengan sifat energik, berkekuatan cerdas, konsekuen dan berbangga dirinya, kemudian budi luhur dari tokoh Kumbakarna digambarkan sebagai raksasa yang memiliki budi luhur, serta pribadi pahlawan dengan kepribadian tegas dan teguh dalam memperjuangkan prinsip hidup dari tokoh Basukarna, apabila ini semua dapat dimiliki maka akan muncul sosok yang tangguh, berkarakter serta berbudi baik yang mampu menjadi pemuda harapan bangsa”, tambahnya.

Antusiasme peserta seminar yang tak hanya terdiri dari personil AAU namun juga terdapat kaum muda terpelajar dari beberapa universitas di wilayah Yogyakarta ini terbilang tinggi, terbukti dengan munculnya berbagai pertanyaan yang sangat bagus dalam sesi diskusi.

Baca juga:  Danlanud Adisutjipto beserta Ibu Imel Bob Henry Panggabean hadiri peringatan Hari Ibu ke-91 DIY

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel