Berita

ABD SALEH BUKA DIKLAT PARALAYANG

Dibaca: 25 Oleh 07 Des 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Guna mendapatkan insan dirgantara khususnya pecinta olah raga Paralayang yang mampu dan berprestasi di tingkat nasional maupun Internasional serta mendapatkan atlet-atlet yang memiliki kualitas dan kuantitas yang memadai di jajaran Fasida Jatim, maka Komandan Lanud Abdulrrahman Saleh Marsma TNI Gutomo, S. IP, membuka Pendidikan dan Latihan (Diklat) Paralayang Angkatan ke-4 di Gedung Cakrawala Lanud Abd Saleh, Kamis (6/12).

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abd Saleh menjelaskan, bahwa Diklat Paralayang dimaksudkan agar para peserta diklat memperoleh pengetahuan, keterampilan, kesehatan, kebugaran jasmani dan pengembangan minat serta bakat olah raga Paralayang. Disamping itu juga dimaksudkan untuk mendapatkan bibit-bibit atlet Paralayang yang berpotensi, sehingga nantinya akan menjadi atlet-atlet berprestasi yang dapat membanggakan kita semua.

Diharapkan, dengan pendidikan dan latihan ini, akan lahir bibit-bibit atlet Paralayang yang akan membawa nama harum Jawa Timur di PON yang akan datang. “Saya minta para peserta Diklat Paralayang dapat mengikuti pendidikan dengan sungguh-sungguh, penuh konsentrasi, dan jangan segan-segan menanyakan kepada Instruktur terhadap pelajaran-pelajaran yang belum dipahami dengan baik”, tegas Komandan.

Dikatakan pula, olah raga Paralayang ini, bernuansa ilmu pengetahuan dan menyenangkan, namun berisiko tinggi. Satu kesalahan kecil yang dilakukan seorang siswa, bisa berakibat fatal bagi dirinya maupun orang lain. Untuk itu, para siswa harus betul-betul memperhatikan instruksi-instruksi para pelatih dan keselamatan terbang harus dijadikan sebagai acuan utama dalam melaksanakan pendidikan dan latihan ini.

Menurut rencana Diklat dilaksanakan selama 25 hari mulai tanggal 6 Desember sampai dengan 31 Desember 2012, bertempat di Lanud Abd Saleh dan Gunung Banyak Batu. Jumlah personil yang akan mendukung dan mengikuti Diklat sebanyak 27 personel masing-masing 8 orang siswa dari TNI AU dan 19 orang Komando Latihan (Kolat) dari Lanud Abd Saleh.

Materi yang diberikan dalam diklat ini meliputi Bina Kelas (Ground School) dan Bina Terbang (Ground Handling). Dalam Bina Kelas diberikan pelajaran berupa teori Aero Dinamika, Pengenalan Ilmu Meteorologi, Teori Lalu Lintas Udara dan ceramah Lambangja. Sementara Bina Terbang dilaksanakan praktek lapangan dengan pengenalan parasut dan cara pelipatan, cara penguasaan parachute dan terakhir evaluasi.

Baca juga:  Rapat Verifikasi Aset PT Angkasa Pura II Eks Bandara Polonia Di Lanud Soewondo Medan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel