TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

ACCIDENT PESAWAT FASI DI BAS

By 29 Sep 2012 21:33Berita
c130_hercules_indonesian_air_force_approaching

Pesawat Jenis Bravo seri 202 dengan registrasi number LM 2003 mengalami accident pada saat demo udara di gelaran Bandung Air Show (BAS), Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Sabtu (29/9)

Pesawat yang berpenumpang dua orang ini jatuh di sekitar perkantoran Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Udara (Dislitbangau), tepatnya menabrak Kantor PIA Ardhya Garini.

Pesawat ditumpangi oleh dua orang yaitu Bapak Marsekal Pertama TNI Purnawirawan dr. Norman T. Lubis (68 Tahun) dan Bapak Letnan Kolonel purnawirawan Toni Hartono (45 tahun).

Komandan Lanud Husein Satranegara Kolonel Penerbang Umar Sugeng Hariyono, S.IP., SE., MM., dalam konferensi pers menyatakan bahwa accident terjadi sekitar pukul 11.37 WIB dan tim SAR dapat tiba lokasi kejadian kurang lebih tujuh menit kemudian.

Jenazah kedua korban yang beralamat di Bandung langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Hasan Sadikin untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut.

Dalam kesempatan press conference Danlanud ditemani oleh Kasubdis Penum Dispenau Kolonel Pnb Agung “Sharky” Sasongkojati. Melengkapi keterangan Danlanud, Kolonel Agung menambahkan bahwa pesawat ini jenis side by side atau double pilot.

Setiap harinya briefing penerbangan dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh air crew dan personel yang terlibat dalam dukungan penerbangan untuk tetap menjaga safety dan security. Sementara ketika air show berlangsung pun di lapangan senantiasa bersiap semua pendukung untuk menyampaikan informasi dan instruksi yang ditujukan kepada seluruh awak.

Sampai dengan rilis ini dibuat tim dari Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja TNI AU (Dislambangjaau) Mabesau dan Koopsau I langsung mengadakan penyelidikan tentang peristiwa ini.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

ACCIDENT PESAWAT FASI DI BAS