Berita

ACMI DIHARAPKAN MAMPU MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENERBANG

Dibaca: 96 Oleh 14 Des 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Menghadapi perkembangan lingkungan strategis global, regional maupun nasional, TNI Angkatan Udara selaku penegak kedaulatan negara di udara akan menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks.

 

Wilayah udara nasional yang terbentang sangat luas selayaknya menjadi perhatian kita bersama untuk dapat mengamankan secara optimal, untuk itu, TNI AU dituntut kesiapan operasional yang tinggi. Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat S.IP, pada acara peresmian Air Combat Manouvering instrumentation (ACMI) di Lanud Iswahyudi, Madiun, Senin (13/12).

 

Lebih lanjut Kasau mengatakan, kesiapan operasional TNI AU merupakan sinergi dari profesionalisme personel dan kesiapan Alutsista, yang akan menjadi modal utama dalam pencapaian pelaksanaan tugas. Untuk itu, upaya mewujudkan kesiapan operasional yang tinggi, dilakukan latihan secara terus menerus dan berkesinambungan harus menjadi prioritas utama.

 

Kasau menjelaskan, ACMI merupakan alat yang dapat merekam data-data pergerakan pesawat selama latihan penerbangan dan data tersebut dapat digunakan untuk mengevaluasi dan menganalisa latihan yang dilaksanakan baik secara real time maupun setelah selesai penerbangan, dan ACMI ini menyediakan advanced rangeless atau autonomous ACMI training, yang memungkinkan para berlatih dengan bantuan Global Position Satellite (GPS).

Baca juga:  SISWA CALON PENERBANG LIFT LATIHAN SURVIVAL DI LANUD REMBIGA

 

Inti komponen teknologi ACMI adalah ”instrumentation pod” yang dapat dipasang di ”wing tip weapon station”pod mengumpulkan semua data dan pergerakan pesawat selama penerbangan kemudian mengirim informasi tersebut ke ground station untuk real timemonitoring terhadap kejadian selama latihan dan setelah latihan pada layar monitor di ruang debrief.

 

Dalam debrief, penerbang dapat melihat tampilan tiga dimensi pada komputer ACMI dari seluruh pesawat yang terlibat latihan, termasuk dinamika penerbangan, penggunaan persenjataan dan hasil setiap pertempuran.

 

Kasau mengharapkan, dengan adanya ACMI ini para penerbang tempur khususnya yang bertugas di Lanud Iswahyudi dapat meningkatkan keahlian dan kemampuannya dalam melaksanakan pertempuran di udara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel