Berita

Advance Fighter Controller Course II Resmi Dibuka

Dibaca: 240 Oleh 07 Agu 2018Tidak ada komentar
Advance Fighter Controller Course II Resmi Dibuka
#TNIAU 

TNI AU. Asisten Operasi (Asops) Kasau Marsekal Muda TNI Johannes Berchmans SW secara resmi membuka Advance Fighter Controller Course II yang bertempat di Aula Pusdiklathanudnas Surabaya, Senin (6/8).

Advance Fighter Controller Course II dilaksanakan selama 2 bulan yang diikuti 10 orang Perwira siswa. Tujuan dilaksanakan kursus Advance Fighter Controller Course adalah untuk meningkatkan kemampuan personel Fighter Controller (GCI), yang akan dibekali dengan teori dan keterampilan praktis Fighter Control serta Air Battle Management hingga memenuhi standard siap tempur. Kursus ini didesain untuk melatih calon Fighter Controller dengan metode standard sehingga bisa melaksanakan pengendalian Basic Sorties hingga Advance Multi-Ship Mission secara aman dan benar.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kursus ini menjadi penting artinya bagi segenap Perwira TNI Angkatan Udara yang mendapat kesempatan mengikuti kursus ini, untuk meningkatkan kualitas diri agar kedepan mampu menjawab tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks. Dengan demikian maka keberadaan seorang Fighter Controller yang handal sangatlah menentukan keunggulan diudara dalam menuntun dan mengarahkan pesawat tempur sergap untuk memenangkan pertempuran udara, jelasnya.

Baca juga:  Kliping Berita Media, 16 Juli 2018

Setelah pelaksanaan upacara selesai, Asops Kasau meninjau ke ADSS ( Air Defence System Simulator ), ADBTS ( Air Defence Battle Training System), TAMG (Tactical Air Maneuvering Game). Di ruangan ADSS, Direktur Penelitian dan Pengembangan Pusdiklathanudnas Letkol Lek M. Suarna Hasal  memaparkan tentang keberadaan dan kemampuan Simulator yang dimiliki Pusdiklat Hanudnas dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi pertahanan udara dan dilanjutkan dengan simulasi Operasi Pertahanan Udara di simulator ADSS (Air Defence System Simulator).

Hadir pada acara tersebut Kadisbangopsau Marsma TNI Irawan Nurhadi, Komandan Lanud Iswahyudi Marsma TNI Syamsul Rizal, Komandan Lanud Rsn Kolonel Pnb Ronny I Moningka, Asops Kas Kohanudnas Kolonel Pnb Yosta Riza, Aspers Kas Koopsau I Kolonel Pnb Rudi Iskandar, Sesdislambangjaau Kolonel Pnb Hari Mursanto, Kasubdisbinproflek Kolonel Lek Suroto, Sesdisdikau Kolonel Lek Umar Rudianto dan Askomlek Kas Koopsau II Kolonel Lek Sudirman Harun.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel