Pustaka

Aerobatik Tujuh Pesawat Memukau

Dibaca: 11 Oleh 22 Feb 2012Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 
Aerobatik Tujuh Pesawat Memukau

PALEMBANG – Ratusan pelajar TK, SD, SMP maupun SMA kota ini meramaikan lapangan base operasional landasan udara (Lanud) Palembang, kemarin pagi (20/2). Mereka ingin melihat dari dekat aksi aerobatik yang ditunjukkan pesawat angkatan udara Australia atau Royal Australia Air Force (RAAF).

Meskipun harus menunggu kedatangan ketujuh pesawat itu sejak pukul 08.00 WIB, para pelajar yang banyak datang bersama orang tua, guru dan rombongan sekolah ini tetap bersemangat. Cuaca yang cukup terik tak menyurutkan niat mereka menyaksikan atraksi udara di langit Palembang itu.

Apalagi, sembari menunggu, para pelajar disuguhi hiburan dari berbagai atraksi menarik tim aeromodeling. Ketujuh pesawat aerobatik tiba sekitar pukul 10.30 WIB dan melakukan atraksi udaranya, para pelajar berulang kali berdecak kagum. Mereka bertepuk tangan melihat manuver-manuver yang dilakukan.

Salah seorang pelajar SDN 140 Palembang, Ari Rahmat mengatakan, dirinya sudah dua kali menyaksikan aksi aerobatik dari pesawat-pesawat ini. Ia mengaku tidak bosan, malah tambah penasaran dengan para pilot yang mengemudikan pesawat aerobatik tersebut.

Baca juga:  Sekjen Kemhan: Unsur - Unsur Kohanudnas Perlu Disinergikan Untuk Kepentingan Pertahanan Udara

“Jadi pengen jadi pilot juga. Pasti seru, bisa keliling kemana-mana,”celetuknya sembari terus memerhatikan aksi ketujuh pesawat yang suara mesinnya menimbulkan suara bergemuruh itu.

Atraksi udara yang dilakukan singkat itu membentuk static show dan sedikit manuver penghormatan. Usai bermanuver, ketujuh pesawat mendarat mulus di Lanud Palembang. Dan terbukti, langsung saja, ratusan pelajar yang sudah datang dan menunggu sejak pukul 08.00 WIB mendekat ke arah pesawat.

Mereka banyak yang berusaha mengabadikan momen-momen berfoto dengan latar belakang pesawat aerobatik Australia itu. Sebagian pelajar terlihat ngobrol dan berfoto dengan para pilot yang menerbangkannya.

Komandan Lanud (Danlanud) Palembang Letkol Pnb Adam Suharto mengatakan, kedatangan pesawat aerobatik dan atraksi udaranya merupakan kegiatan kedua yang dilakukan. Walaupun hanya berlangsung beberapa menit, aksi ini dimanfaatkan untuk lebih mengenalkan dunia kedirgantaraan kepada kalangan pelajar metropolis.

Menurut Adam, kedatangan tujuh pesawat udara milik Australia jenis Pilatus PC-9 itu bukan semata-mata untuk berunjuk kebolehan di udara. ”Mereka sekaligus mengisi bahan bakar (refuel) sebentar. Kebetulan Lanud Palembang masuk dalam jalur tempat pengisian bahan bakar pesawat-pesawat peserta Singapura Air Show,”bebernya.

Baca juga:  Kasau Hadiri Konferensi di Thailand

Sebelumnya, ketujuh pesawat angkatan udara Australia ini mengikuti Singapura Air Show. “Nah, kesempatan mampir ke Palembang kita manfaatkan untuk para siswa bisa berinteraksi dengan para pilotnya. Jadi, saat pesawat mengisi bahan bakar, para pelajar dapat berbincang-bincang dengan para pilotnya,”cetusnya.

Sumber: //sumeks.co.id

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel