Berita

Air Crew Lanud Abd Saleh Terima Ceramah Kesehatan Penerbangan

Air Crew Lanud Abd Saleh Terima Ceramah Kesehatan Penerbangan
#TNIAU 

TNI AU. Air crew yang bertugas di Lanud Abdurahman Saleh, Malang yang terdiri dari penerbang, teknisi, dan lainnya menerima ceramah kesehatan dari Tim Penceramah dari Lakespra (Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa TNI AU) dr Saryanto, Jakarta di Gedung Binayuda, Rabu (30/10).  Tampil dua penceramah yaitu Kolonel Kes dr Bobby Drastyawan, Sp.P., dan PNS dr Doddy Sudarmanto, Sp.PD.

Dalam sambutan pembukaannya Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Hesly Paat menyampaikan sebagai Pangkalan TNI AU yang memiliki tiga skadron udara yaitu Skadron Udara 4, Skadron Udara 21 dan Skadron Udara 32, para awak pesawatnya perlu juga untuk terus mempersegar pengetahuannya mengenai kesehatan penerbangan guna mendukung kelancaran, keamanan dan keselamatan saat terbang.  Ditambahkan dunia penerbangan merupakan satu sistem yang komplek, diantaranya memerlukan air crew yang memiliki kesehatan fisik dan psikis yang baik. Agar kesehatannya terjaga, perlu cek up kesehatan yang rutin juga menerima ceramah tentang upaya menjaga kesehatannya.

Dalam ceramah pertamanya PNS dr. Doddy Sudarmanto, Sp. PD., mengulas tentang obesitas dan sindroma metabolik. Dijelaskan cara menghitung berat badan ideal, serta macam-macam dan kriteria berat badan.  Bagi air crew, keadaan kegemukan atau obesitas merupakan bahaya tersembunyi yang dapat menggangu tugas penerbangan apabila menimpa air crew.  Untuk itu, pola hidup berdisiplin dalam mengkonsumsi makanan dan minuman serta keseimbangan antara bekerja dengan istirahat harus senantiasa ditegakkan agar tugas penerbangan tidak terganggu.    

Sedangkan Kolonel Kes dr Bobby Drastyawan, Sp.P., mengulas tentang bahaya merokok. Dijelaskan seiring dengan perkembangan zaman, manusia senantiasa dipengaruhi oleh gaya hidup terbaru, termasuk merokok elektrik yang dapat mengganggu kesehatan air crew.  Ditegaskan merokok selain berbahaya bagi kesehatan diri-sendiri juga orang lain yang ada di sekitarnya. Perokok yang kronis akan mudah terpengaruh penyakit parah seperti kanker, bronkitis kronis dan emfisema.  Agar tidak terdampak bahaya merokok secara terus-menerus, air crew diharapkan memiliki niat dan kemauan yang kuat untuk berhenti total merokok.

Baca juga:  DONOR DARAH DALAM RANGKA HUT TNI DI MAKOOPSAU I

Rangkaian acara ceramah kesehatan penerbangan ditandai pula dengan tanya jawab dari peserta kepada para penceramah. Acara diakhiri dengan pertukaran cinderamata antara Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat dengan Kolonel Kes dr Bobby Drastyawan, Sp.P., dari Lakespra dr Saryanto sebagai Ketua Tim Penceramah.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel