BeritaFoto

Air Force Run 2019 di Lanud Sultan Hasanuddin

By 25 Mar 2019 March 26th, 2019 No Comments
HND_2126
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Lanud Sultan Hasanuddin melaksanakan Air Force Run 5K dan 10K dengan lari melintasi taxiway yang dilaksanakan dalam rangka Bulan Dirgantara 2019 ini cukup menyedot perhatian masyarakat kota Makassar khususnya pecinta olah raga lari, yang dilaksanakan di sekitar  Lanud Sultan Hasanuddin dan taxiway Bandara Internasional Sultan Hasanuddin  Makassar. Minggu (24/3).

Kegiatan tersebut begitu menarik, fresh and fun, begitulah kira-kira gambaran yang bisa dibayangkan, yakni lari melintasi area militer dan taxiway pesawat yang ada di bandar udara memang suatu hal yang jarang terjadi, lomba lari 5K dan 10K ini cukup mengejutkan ketika tepat melintasi area taxiway pesawat sekaligus menyaksikan pergerakan pesawat yang sedang take off maupun landing menjadi hal yang unik dan menyenangkan.

Rangkaian Air Force Run diawali dengan opening pukul 05.45 wita, dilanjutkan opening song serta speech opening running. Kemudian tak kalah menariknya serta penuh perasaan khidmat sesaat sebelum lari pengibaran Bendera Merah Putih diiringi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pukul 06.00 dan seluruh peserta maupun yang hadir bersama-sama melakukan penghormatan dan dilanjutkan start running 10K yang dilepas langsung Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H. Haris Haryanto, S.IP. didampingi beberapa pejabat Muspida Provinsi Sulsel, Pangkosekhanudnas II Marsma TNI Andi Heru Wahyudi, pejabat komunitas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan para pejabat Koopsau II, Lanud Sultan Hasanuddin, kemudian dilanjutkan start untuk running 5K.

Tak kalah ramenya, Air Force Run yang merupakan rangkaian Bulan Dirgantara 2019 ini juga dimeriahkan panggung hiburan yang menampilkan artis ibukota Via Vallen, pembagian Doorprize untuk runner dan ada pertunjukkan Reog Ponorogo. Dibagian lain juga ada pembagian doorprize untuk para runner serta pengunjung atau peserta senam pagi dengan grand doorprize lima unit sepeda motor dan ratusan doorprize yang tak kalah menarik yang akan dibagikan secara acak kepada ribuan pengunjung yang memadati area apron dan taxiway charlie Lanud Sultan Hasanuddin.

Selain itu, masyarakat kota Makassar juga disuguhkan fly past pesawat tempur Sukhoi SU-27/30 dengan beberapa manuver yang memukau para pengunjung yang memadati apron Galaktika. Fly past tersebut dipimpin langsung Komandan Skadron Udara 11 Letkol pnb Wanda Surijohansyah.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H. Haris Haryanto, S.IP. mengatakan “Event lari ini menjadi rangkaian HUT ke-73 TNI Angkatan Udara serta mengenal potensi dirgantara dengan melihat langsung lebih dekat alutsista yang dimiliki TNI AU yang berada di Makassar seperti pesawat tempur Sukhoi SU-27/30, pesawat Boeing 737 Intai Strategis, pesawat CN-235 MPA serta Orlikon, juga sekaligus sebagai hiburan serta ajang sosialisasi dan silaturahmi satuan TNI AU khususnya Lanud Sultan Hasanuddin dengan masyarakat, dalam wadah Bulan Dirgantara 2019”.

Di sela kegiatan, Koordinator Air Force Run 2019 Letkol Pnb Achmad Iwan R. menyampaikan bahwa antusias peserta lari pada tahun ini meningkat hingga menembus 1.500 peserta. (penhnd/2019)

HND_2393

Leave a Reply