Berita

Air Show Memperingati 100 Tahun Penerbangan di Lanud Suryadarma

Dibaca: 17 Oleh 15 Sep 2014Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Di Tahun 2014 ini untuk pertamakalinya Lanud Suryadarma menggelar Air Show yang spectaculer yang melibatkan Team Dynamic Pegasus dengan pesawat Helikopter EC 120 Colibri dari Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma Kalijati Subang. Tidak kalah menariknya dari Air Show Static Show juga digelar dengan berbagai jenis pesawat dari Museum Amerta Dirgantara Mandala, Skadron Udara 7 dan Wingdik Tekkal yang menampilkan Pesawat A-4 Sky Hawk. Acara tersebut digelar bersamaan dengan memperingati 100 tahun penerbangan di Kalijati, tepatnya tahun 30 Mei 2014, acara puncak digelar Sabtu (13/9) dan minggu (14/9) di Apron Hanggar C museum Amerta Dirgantara Mandala.

Seperti diketahui penerbangan di Kalijati dimulai tanggal 30 Mei seratus tahun lalu dimana pemerintah Belanda menempatkan PVA (Proef Vlieg Afgeling) yaitu suatu bagian penerbangan percobaan dari pasukan Hindia Belanda (KNIL). Selanjutnya beberapa tahun berikutnya belanda menempatkan beberapa pesawat pengintai dan pesawat latih, membangun fasilitas penerbangan, perkantoran dan pemukiman personel. Bersamaan dengan perubahan nama Proef Vlieg Afgeling (PVA) menjadi Luchtvart Afdeling (LA) yang terdiri dari Dinas terbang dan dinas Tehnik belanda juga mendirikan sekolah penerbang pertama di Kalijati. Sekarang dengan pesawat Sloy dan Colibrinya menjadi Pangkalan Type B dan menurut rencana akan naik tingkat menjadi Type A dengan penambahan satu Skadron Helikopter dan tetap menjadi tempat Sekbang calon penerbang Helikopter.

Baca juga:  DANLANUD MEDAN SAMBUT KEDATANGAN PERSONEL PERTUKARAN SISWA

Dari momen yang monumental tersebut tahun 2014 ini genap seratus tahun tepatnya 30 Mei 2014 namun karena pada bulan Mei ada kegiatan kenegaraan dan keagamaan sehingga peringatan 100 tahun penerbangan di Lanud Suryadarma puncaknya dilaksanakan 13 dan 14 September 2014 ini dengan menggelar serangkaian kegiatan yang diantaranya :

AIR Show oleh Pesawat Helikopter EC 120 Colibri “ Dinamic Pegasus”, tiga run Fly Pass C 130 Hercules dari Skadron Udara 31 Halim Perdanakusuma Jakarta, Dua run fly pass dua pesawat Helikopter Super Puma, Static Show berbagai jenis pesawat disaksikan 20 ribu penonton lebih , Joy Flight dan dimeriahkan dengan 1000 peserta Lomba Lari 10 Km , Lomba mewarnai, menggambar dan kolase bagi siswa Sekolah Dasar, TK dan Paud yang diikuti 8000 siswa. Tanggal 14 September dilanjutkan dengan Air Show, Static Show dan tiga ribuan lebih peserta Fun Bike ( Sepedah Gembira) ikut meramaikan AIR SHOW seratus tahun penerbangan.. Sebelumnya sudah dilaksanakan kegiatan antaralain 100 peserta Lomba Dakwah bagi pelajar SD dan SMP serta menggelar Karya Bakti dan Baksos Kesehatan, yaitu 37 orang khitanan massal, 86 orang akupuntur 246 pengobatan umum bagi masyarakat sekitar kecamatan kalijati dan sebagainya.

Baca juga:  PENDIDIKAN SEJURSARLISLEK A-39 DIBUKA DI LANUD SULAIMAN

Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Tahyodi, S AP atas nama Warga TNI AU khususnya warga Lanud Suryadarma mengucapkan selamat datang dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh hadirin atas kehadiran dan partisipasinya sebagai peserta lomba memperingati “ 100 tahun penerbangan” di Lanud Suryadarma. Disertai harapan semoga kegiatan ini akan lebih meningkatkan kebersamaan dan mempererat hubungan silaturahim antara Warga TNI AU bersama warga masyarakat PURWASUKA ( Purwakarta Subang Karawang ) dan sekitarnya.

Kedepan Kata Dan Lanud gelaran ini diharapkan akan menjadi agenda tetap “Suryadarma Air Show” dan digelar bersama komponen lain serta potensi pariwisata lainnya yang ada di sekitar Purwasuka, sehingga akan menjadi ajang promosi dan pertemuan insan Dirgantara dan Pariwisata Jawa Barat sehingga akan populer menjadi salah satu Event agenda Nasional dan dapat menarik perhatian turis Lokal maupun Internasional.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel