Pustaka

Airbus Military A400M Mengunjungi Asia

Dibaca: 28 Oleh 11 Apr 2012Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 
Airbus Military A400M Mengunjungi AsiaAirbus
Airbus Military A400M

JAKARTA, KOMPAS.com — Airbus Military A400M, pesawat angkut generasi terbaru untuk abad ke-21, akan mengunjungi Asia pada 14-20 April. Malaysia, pelanggan A400M, menjadi tujuan pertama dan perhentian terlama dari tur di tiga negara Asia.

Dari Malaysia, Airbus Military A400M akan singgah di Jakarta, lalu ke Chiang Mai dan Bangkok (Thailand), sebelum kembali ke Eropa. Pihak Airbus, Selasa (10/4/2012), menyebutkan, kunjungan ini merupakan kunjungan pertama kalinya di Asia serta akan memberi kesempatan kepada Pemerintah dan Angkatan Udara Malaysia untuk melihat pesawat tersebut secara langsung.

Pemerintah Malaysia telah memesan empat pesawat baru ini bersama beberapa negara pelanggan lain, yaitu Belgia, Perancis, Jerman, Luxemburg, Spanyol, Turki, dan Inggris Raya. Pesawat yang akan diterbangkan pada tur Asia Pasifik ini adalah Grizzly 4, satu dari lima pesawat prototipe yang dikembangkan.

Pada 18 April, Grizzly 4 akan terbang ke Jakarta dan tinggal selama satu hari di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma. Para pejabat pemerintah dan tamu dari TNI Angkatan Udara akan dapat melihat pesawat tersebut dan berpartisipasi dalam demonstrasi penerbangan untuk mendapatkan pengalaman langsung dari kemampuan menakjubkan A400M.

Rekan lama Airbus Military di Indonesia, PT Dirgantara Indonesia, mendukung dan memfasilitasi kunjungan Grizzly ke Indonesia. Pada 19 April, pesawat tersebut akan berangkat ke Thailand dan mengunjungi Lapangan Udara Chiang Mai untuk berpartisipasi pada perayaan Hari Ulang Tahun Ke-100 Angkatan Udara Thailand.

Pesawat A400M adalah pesawat angkut militer terbaru yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata abad ke-21. Berkat teknologinya yang maju, pesawat ini dapat terbang lebih tinggi, cepat, dan jauh dengan tetap mempertahankan kemampuan bermanuver yang tinggi, kecepatan rendah, serta menggunakan landasan pendek, lunak, dan kasar.

Pesawat ini menggabungkan kemampuan menjalankan misi taktis dan strategis serta dapat digunakan sebagai pesawat pengisi bahan bakar. Dengan ruang kargo yang khusus dirancang untuk mengangkut peralatan besar yang dibutuhkan oleh misi militer dan bantuan kemanusiaan, pesawat ini dapat membawa kargo dengan cepat dan langsung menuju ke tempat yang paling dibutuhkan.

Sumber: http://internasional.kompas.com

Baca juga:  Super Tucano Bisa Mengangkut 1,5 Ton Senjata

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel