Pustaka

Airbus Military, PT DI Teken Kerja Sama Pembuatan Pesawat C295

Dibaca: 21 Oleh 16 Feb 2012Tidak ada komentar
Airbus Military, PT DI Teken Kerja Sama Pembuatan Pesawat C295
#TNIAU 
Airbus Military, PT DI Teken Kerja Sama Pembuatan Pesawat C295

JAKARTA–MICOM: Airbus Military telah menandatangani kesepakatan dengan PT Dirgantara Indonesia untuk menyediakan sembilan pesawat angkut militer (C295) kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Dalam siaran persnya, Rabu (15/2), penandatangan kontrak antara PT DI dan Kementerian Pertahanan ini dilakukan di acara Pameran Dirgantara Singapura dengan disaksikan Menteri Pertahanan Purnomo Yugiantoro serta Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

Pesawat itu akan digunakan oleh Angkatan Udara RI yang berfungsi sebagai pesawat untuk misi-misi militer, logistik, kemanusiaan dan evakuasi medis.

Pengiriman pertama pesawat C295 ini diperkirakan akan dilakukan pada tahun ini dan pada pertengahan 2014 seluruh pesawat direncanakan telah terkirim.

Dalam kesepakatan ini juga mencakup kolaborasi antara PT DI dan Airbus Military untuk program C295 yang terdiri dari manufaktur stabilisator bagian ekor (tail empennage), badan pesawat bagian belakang dan panel-panel badan pesawat.

Selain itu juga disepakati paket kerja untuk pengembangan sistem pelatihan berbasis komputer, pusat servis dan pengiriman serta lini akhir perakitan (FAL) di Indonesia.

Baca juga:  Panglima TNI Kunjungi Perbatasan Kalimantan Utara

“Ini merupakan momen yang membanggakan bagi negara kita dan juga industri kedirgantaraan Indonesia,” kata Purnomo. Purnomo berharap pesawat C295 ini bisa menjawab kebutuhan tranportasi misi militer maupun kemanusian di masa mendatang.

Sedangkan Presiden dan CEO PT DI Budi Santoso mengatakan bahwa kesepakatan ini terbangun dari kemitraan yang panjang antara Airbus Military dan industri kedirgantaraan Indonesia.

“Kesepakatan hari ini akan mampu memberikan negara kita kapabilitas yang tepat untuk masa yang akan datang dan memberikan ruang bagi PT DI untuk mengembangkan bisnis kedirgantaraan sebagai pemasok tingkat pertama dan memposisikan PT DI di peta kedirgantaraan global,” kata Budi Santoso.

Sedangkan Presiden dan CEO Airbus Military Domingo Urena-Raso mengatakan bahwa kesepakatan ini merupakan cerminan nilai C295 yang ditunjukkan kepada angkatan bersenjata di seluruh dunia. (Ant/OL-2)

Sumber: www.mediaindonesia.com

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel