TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Akademi Angkatan Udara Sudah Setengah Abad

By 01 Aug 2018Berita, Berita Kotama
IMG_2320

TNI AU.   Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko, SIP, M.AP; memimpin upacara peringatan HUT ke-53 Akademi Angkatan Udara. Setengah abad lebih usia AAU, yang jatuh pada 26 Juli diperingati di Lapangan Dirgantara AAU, Rabu (1/8).

Dalam sambutan Kasau yang dibacakan Gubernur AAU, diharapkan peringatan ini menjadi momentum yang tepat untuk melaksanakan evaluasi. Menguji pelaksanaan tugas dan hasil-hasil apa yang telah dicapai. Perubahan ke arah yang lebih baik, lebih maju dan lebih berkembang.

Selanjutnya dikatakan, lingkungan strategis yang diiringi dengan kemajuan teknologi kedirgantaraan dan teknologi informasi menjadikan sistem pengawakan dan pengelolaan alutsista senantiasa berubah menyesuaikan keadaan. TNI Angkatan Udara dituntut untuk selalu tanggap dan bijak. Faktor kualitas SDM TNI Angkatan Udara merupakan dinamisator yang penting.

Bukan hanya itu saja, estafet kepemimpinan TNI AU terjadi secara alamiah. Proses ini perlu direncanakan, dipersiapkan dan dilaksanakan secara optimal dan profesional. Itu sebabnya Akademi Angkatan Udara memiliki peran yang besar untuk menyiapkan kader-kader pimpinan TNI AU bagi masa depan. AAU harus mampu mengantisipasi dan menghadapi perkembangan kondisi faktual strategis.
Lebih lanjut dibacakan, tugas AAU adalah menyelenggarakan pendidikan perwira yang berciri khas prajurit pejuang Sapta Marga, profesional, memiliki kemampuan akademis potensial dasar matra udara. Untuk menunjang tugas dan pengabdian selaku unsur kekuatan pertahanan negara. Lembaga pendidikan AAU harus mampu menggodok dan mencetak para perwira muda yang tangguh fisiknya, dan memiliki kesiapan jasmani yang prima.

“Kembangkanlah terus sayapmu, demi kejayaan tanah tercinta ini, jadilah perwira sejati dan pembela Tanah Air.” Mengutip salah satu pesan yang pernah disampaikan oleh pelopor dan perintis TNI AU, Marsekal Suryadi Suryadarma.

Selesai upacara, penyerahan hadiah bagi setiap satuan kerja yang menang pertandingan olahraga tenis lapangan, bola voli, dan sepak bola. Sepak Bola juara satu diraih oleh Kesebelasan Detasemen Markas AAU. Bola Voli putra direbut oleh team gabungan antara Wing Taruna dengan Wattar AAU. Bola Voli Putri disabet oleh Team Markas Komando AAU. Sedangkan olahraga Bulu Tangkis, dimenangkan oleh pasangan Pelda Yulianto dan Serka Supiyana. Mereka berdua mewakili Detasemen Markas. Kemudian tenis lapangan diraih oleh pasangan yakni Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko bersama Kapten Kal Raditia sebagai satu team.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Akademi Angkatan Udara Sudah Setengah Abad