TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Akal Juang: Kejuaraan Aeromodeling Diharapkan Mampu Menjaring Atlit Berprestasi di Babel

By 19 Nov 2018Berita
WhatsApp-Image-2018-11-18-at-13.54.41-780×405

TNI AU.Β  Kejuaraan Aeromodelling Danlanud Cup tahun 2018, di Air Weapon Range (AWR) Buding, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Minggu (18/11) pagi, berlangsung sukses. Kegiatan ini diikuti sebanyak 37 orang peserta yang berasal dari Pulau Bangka dan Belitung serta beberapa kota lain di tanah air.

Kejuaraan Aeromodelling Danlanud Cup tahun 2018 tak hanya menyajikan penampilan peserta dan laga eksibisi. Namun, juga dimeriahkan oleh manuver Helikopter Puma HT-3309 yang tak kalah berhasilnya membius ratusan mata masyarakat saat berada di lokasi. Pesawat TNI AU itu diterbangi Pilot Kapten Pnb Arif/Lettu Pnb Indra tersebut melaksanakan terbang rendah di depan podium untuk menyapa para undangan dan masyarakat yang hadir di AWR Buding.

Danlanud H. AS Hanandjoeddin, Letkol Pnb Akal Juang mengatakan, Kejuaraan Aeromodelling Danlanud Cup tahun 2018 ini, salah satu tujuannya untuk menjaring Atlit Aeromodelling diwilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Sebab, seperti diketahui bersama, Olahraga Aeromodelling belum begitu familiar di masyarakat.

β€œMudah-mudahan melalui kejuaraan ini dapat menggali potensi masyarakat Babel, khususnya pada Olahraga Aeromodelling. Kami yakin, Olahraga Aeromodelling ini (ke depan) bisa berkembang. Kita juga yakin, bahwa kita bisa mempunyai Atlit Aeromodelling yang nantinya akan berkiprah di level Nasional maupun Internasional,” harap Letkol Pnb Akal Juang.

Menurut, Danlanud H. AS Hanandjoeddin, Olahraga Aeromodelling dapat diikutsertakan pada even olahraga, seperti Porprov, PON dan lainnya. Jika Atlit Aeromodelling sudah ada bisa saja nanti diturunkan di even-even tersebut. Khusus di Babel pihaknya akan mengusulkan, supaya masuk dalam agenda Porprov.

β€œAlhamdulillah, ternyata animo yang kami dapat cukup positif. Baik dari adik-adik yang tergabung di Saka Dirgantara maupun dari atlit-atlit yang lain,” ucapnya.

Letkol Pnb Akal Juang menjelaskan, pada Kejuaraan Aeromodelling Danlanud Cup tahun ini, pihaknya juga mengundang atlit Aeromodelling dari Jakarta, Bekasi, Tasikmalaya. Mereka sengaja diundang untuk berbagi ilmu serta pengalamannya. Sehingga, Aeromodelling tidak hanya sekedar hobi, tetapi menjadi cabang olahraga berprestasi.

Ayah dua anak ini menambahkan, sebetulnya Olahraga Aeromodelling ini sudah mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 1950’n. Namun, selama ini hanya berpusat di kota-kota besar. Misalnya, di Jakarta Olahraga Aeromodelling sudah berkembang cukup pesat. Begitu pula, di Surabaya, Bandung, Yogyakarta dan daerah-daerah lainnya.

β€œKami melihat potensi di Babel cukup bagus, ditambah lagi kita mempunyai sarana berlatih yang cukup representatif seperti di AWR Buding ini. Oleh karenanya, bisa kita kembangkan. Bahkan di level yang lebih besar, kita bisa mengadakan kejuaraan level nasional disini. Sehingga, selain dapat menjaring atlit, kita juga dapat menjaring wisatawan datang ke sini (Belitung). Tadi sudah saya sampaikan ini kepada Pak Bupati Belitung dan Pak Ketua DPRD Beltim,” ujarnya.

Danlanud H. AS Hanandjoeddin menegaskan, Aeromodelling Danlanud Cup nantinya akan digelar rutin setiap tahun. Bisa berupa Kejuaraan maupun Liga. Oleh karena itu, pihaknya mengundang atlit-atlit Aeromodelling daerah lain. Tujuannya, agar dapat meyakinkan masyarakat setempat bahwa Olahraga Aeromodelling ini bukan olahraga yang mahal.

β€œTernyata tidak, seperti ini (Pesawat Chuck Glider) hanya memerlukan ratusan ribu. Setelah di susun-susun, ia sudah bisa terbang. Dan itu, mereka bisa buat pesawat sendiri,” tambahnya.

Tak lupa, Letkol Pnb Akal Juang mengucapkan terimakasih kepada Bupati Belitung, Bupati Beltim dan Bapak Jon Jon selaku penggiat aeromodelling di Belitung yang telah ikut mendukung suksesnya kegiatan ini.

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh sangat mendukung kegiatan ini. Bahkan, ke depan Kejuaraan Aeromodelling ini bisa saja masuk dalam agenda Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung.

β€œMungkin nanti kita akan bekerjasama dengan TNI AU mengadakan kegiatan semacam ini. Sebab, olah raga ini cocok untuk mendukung kepariwisataan kita. Apalagi ada atraksi tambahan. Secara otomatis wisatawan akan berdatangan sendirinya,” pungkas Sanem sapaan akrab Bupati.

Kejuaraan Aeromodelling Danlanud Cup tahun 2018 ini dihadiri, Bupati Belitung Sahani Saleh, Ketua DPRD Beltim Tom Haryono, Danlanud H. AS Hanandjoeddin Letkol Pnb Akal Juang, Kasdim Belitung Mayor Inf Ruhin, WakaPolres Belitung Kompol Alamsyah, Kadispora Kabupaten Belitung Hendra Caya, Air Nav Yogi, Kades Air Batu Buding Isnanto dan tamu undangan lainnya. Para tamu udangan tersebut diperkenankan menerbangkan Pesawat Chuck Glider yang telah disiapkan oleh panitia.(*)

Daftar Pemenang Kejuaraan Aeromodelling Danlanud Cup tahun 2018

Kategori Pesawat Chuck Glider (Putra)
Juara I Aldy (MAN I Belitung)
Juara II Sarwani (SMA PGRI Tanjungpandan)
Juara III Adit Teo (SMA PGRI Tanjungpandan)

Kategori Pesawat Chuck Glider (Putri)
Juara I Emilia Rahayu (SMAN 2 Tanjungpandan)
Juara II Denisa Ananda (SMA PGRI Tanjungpandan)
Juara III Riska Ayu Sultan (SMA PGRI Tanjungpandan)

Kategori Rc Aerobatic
Juara I Liong Nam Fat
Juara II Prisai Agung K
Juara III Darmawan Hadi S

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Akal Juang: Kejuaraan Aeromodeling Diharapkan Mampu Menjaring Atlit Berprestasi di Babel