Berita

Akreditas Klinik Kesehatan Garuda Lanud Abdulrachman Saleh

Dibaca: 160 Oleh 30 Sep 2019Tidak ada komentar
AKREDITASI KLINIK KESEHATAN GARUDA LANUD ABDULRACHMAN SALEH
#TNIAU 

TNI AU.  Klinik Kesehatan Garuda Lanud Abdulrachman Saleh yang terletak di Jalan Rogonoto, Singosari, Malang Jumat-Sabtu (28-29/9) menjalani akreditasi sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Tim Surveyor Kemenkes RI. Tim Surveyor terdiri dari dr H. Hendro Santoso, MSi., dan dr Nusindrati, M.Kes., diterima oleh Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Hesly Paat didampingi Kaklinik Garuda dr Sugeng Santoso, Karumkit dr Munir Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Kes dr Erna Emlijah, Sp.M., MARS dan pejabat lainnya.

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Hesly Paat dalam sambutannya di Ruang Serbaguna Klinik Garuda menyatakan, “Klinik Garuda  berdiri sejak tahun 2013, merupakan klinik rawat jalan bagi masyarakat dan anggota Lanud Abdulrachman Saleh yang memerlukan pelayanan kesehatan. Seiring perkembangan, kini telah memiliki enam fasilitas kesehatan meliputi ruang gigi, ruang pemeriksaan umum, ruang konsultasi kesehatan, ruang KIA, apotik dan laboratorium. Dengan pengunjung sekitar 100 per hari/2000 per bulan, menunjukkan Klinik Garuda merupakan FKTP yang dibutuhkan masyarakat.  Untuk itu, diharapkan dalam akreditasinya saat ini mencapai tingkat paripurna,” harap Danlanud ABD Saleh.

Baca juga:  62 Tahun PIA Ardhya Garini, PIA Tingkatkan Peran Pengabdian Sosial

Perwakilan dari Dinkes Kabupaten Malang Paulus Gatot menyatakan akreditasi adalah pengakuan dari badan terhadap kinerja klinik sesuai aturan dari Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) dimana FKTP yang beroperasional harus terakreditasi. Hingga kini di Kabupaten Malang terdapat 23 Rumah Sakit, 10 diantarannya telah terakreditasi. Sedangkan Puskesmas, terdapat 39 Puskesmas yang telah terakreditasi, 1 paripurna, 13 utama, 24 madya dan 1 dasar.

Sementara itu Ketua Tim Surveyor dr H. Hendro Santoso, M.Si., menyatakan tujuan akreditasi adalah meningkatkan kinerja Puskesmas/FKTP dengan harapan agar keselamatan pasien terjamin. Tim bertugas memotret Klinik Garuda apakah sudah berstandar sesuai aturan Menteri Kesehatan.

Dalam pelaksanaannya Tim Surveyor yang memiliki kode etik dalam bekerja tersebut akan bekerja selama dua hari melalui pengumpulan data, berdiskusi/menggali informasi, melihat sistem pelayanan karyawan, dan melihat sarana prasarana klinik lainnya. Selanjutnya akan dibuat laporan keadaan klinik, guna menentukan kriteria klinik tersebut.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel