Berita

AKSI DEMO DIHALAU GULHURA LANUD ABD

Dibaca: 5 Oleh 24 Mei 2011Tidak ada komentar
AKSI DEMO DIHALAU GULHURA LANUD ABD
#TNIAU 

Sebanyak 110 warga Sengreng melakukan aksi demo di depan gerbang baru Bandara Abdulrachman Saleh. Aksi tersebut sempat ricuh setelah tidak adanya kesepekatan warga dengan pihak Lanud. Sehingga Lanud dengan tegas mengerahkan pasukan Penaggulangan Huru-hara (Gulhura) untuk membubarkan aksi anarkis tersebut, Selasa (24/5).

Kericuhan diawali dengan datangnya para pendemo yang menuntut pembebasan lahan tanah daerah Sengreng Sumber Pucung Malang. Mereka melakukan orasi dan membawa spanduk serta poster-poster yang berisikan pengembalian hak-hak tanah garapan warga Sengreng.

Melihat situasi seperti itu, Lanud merespon dengan mengerahkan 1 kompi pasukan Gulhura dengan mengenakan pakain lengkap. Dengan kedatangan 1 kompi pasukan, warga semakin menjadi. Tim negosiasi juga turun tangan menemui koordinator warga.

Sayangnya, tidak ada kesepakatan dalam negosiasi itu. Warga semakin tidak terkendali dan mulai melakukan aksi melempari petugas hingga saling dorong. Akhirnya, warga semakin ngawur dan terjadilah bentrok dengan petugas Gulhura. Warga pun semburat setelah Gulhura menurunkan mobil PK Lanud membubarkan massa dengan semprotan air serta 2 anjing dari Satpomau.

Baca juga:  SIPELUT SUSPA ANGKUTAN ANGKATAN KE-11

Kegiatan tersebut merupakan bagian sekenario rangkaian Garuda Perkasa tahun 2011 yang dilaksanakan mulai tanggal 23 sampai dengan 25 Mei 2011 di Lanud Abd. Sebelumnya telah dilakukan manuver lapangan berupa droping chargo dan penerjunan satpur dan dalops yang melibatkan 3 pesawat C-130 Hercules dan 2 Casa 212.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel