Berita

Aksi Demonstrasi Pembebasan Lahan Bandara di Lanud Sjamsudin Noor

Dibaca: 21 Oleh 11 Nov 2016Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Berdasarkan laporan hasil pengamatan personel Intelpam Lanud Sjamsudin Noor, bahwa ada pergerakan dari sekelompak orang yang akan berusaha menguasai aset milik Lanud Sjamsudin Noor. Terkait dengan kejadian tersebut, melalui hasil laporan piket jaga intelpam ke Pos Jaga Lanud SAM bahwa ada sekelompok warga masyarakat sekitar daerah Lanud SAM yang akan bergerak menuju Bandara dan Lanud SAM untuk melakukan unjuk rasa. Menindaklanjuti laporan tersebut Perwira jaga Lanud SAM meneruskan informasi tersebut ke Kadisops Lanud SAM Kapten Lek Rudi Ernanto dan melaporkan informasi tersebut ke Komandan Lanud SAM Letkol Pnb Bambang Sudewo untuk memohon arahan serta petunjuk lebih lanjut.

Atas dasar perintah dari Danlanud SAM, maka Kadisops Lanud SAM memerintahkan kepada seluruh pasukan Dakhura Lanud SAM untuk segera melaksanakan gelar Dakhura guna menanggulangi kejadian tersebut.

Sejumlah pendemo dari warga masyarakat yang ada didaerah sekitar Bandara dan Lanud Sjamsudin Noor melakukan aksi demonstrasi memblokir pintu masuk gerbang Markas Lanud SAM disertai aksi pelemparan dan pengrusakan. Bukan itu saja, sejumlah peserta aksi melakukan pemukulan terhadap aparat TNI AU setempat yang bertugas mengantisipasi aksi.

Baca juga:  Kaskohanudnas Pemakalah Seminar Pengelolaan Wilayah Udara Nasional

Setelah beberapa saat aksi demo berlangsung, negosiasi dilaksanakan, ternyata tidak ada kesepakatan, para demonstran semakin anarkis menyerang pasukan Dakhura Lanud SAM dan terjadilah aksi saling dorong dan lemparan benda keras dari para Demonstran, sehingga memaksa Komandan regu senapan untuk memberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali namun para demonstran tetap menyerang secara anarkis. Dengan pasukan Dakhura Lanud SAM yang telah terlatih akhirnya para demonstran dapat di halau mundur oleh pasukan dakhura Lanud SAM dan sebanyak empat orang demonstran berhasil diamankan pihak TNI AU. Keempatnya diduga sebagai provokator aksi dan pengrusakan. Sedangkan dari pihak TNI AU, satu orang anggota terluka akibat menahan serangan pendemo.

Dalam aksi demonstrasi yang berlangsung pada hari Selasa, 8 November 2016 tersebut, merupakan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh warga masyarakat terkait adanya rencana penertiban rumah-rumah warga masyarakat sekitar Bandara Syamsudin Noor yang termasuk dalam masterplan perluasan Bandara Syamsudin Noor mengakibatkan kegelisahan warga masyarakat yang masih bertahan ditempat tinggalnya dan terdapat warga masyarakat yang mengklaim aset tanah Lapangan tembak Lanud Sjamsudin Noor, selain itu juga dengan semakin merebaknya isu adanya penertiban/penggusuran paksa serta masih adanya ketidakpuasan sebagian warga yang menuntut pergantian biaya yang tidak sesuai, maka mengakibatkan warga masyarakat melaksanakan aksi demonstrasi diseputaran Bandara dan Lanud SAM. Berkat kesiap-siagaan pasukan Dakhura aparat TNI AU, maka pasukan Dakhura Lanud SAM berhasil menghalau pendemo keluar dari wilayah Lanud SAM.

Baca juga:  Buka Puasa Bersama Lanud Rembiga

Demikian gambaran dari simulasi penanganan aksi demonstrasi gelar latihan Dakhura yang digelar Lanud SAM dan melibatkan seluruh anggota Lanud SAM. Simulasi tersebut terkait sistem pengamanan markas komando untuk mengantisipasi adanya demonstrasi terjadi. Sehingga membuat satuan pengendali huru-hara (PHH) atau Dakhura Lanud SAM perlu bersiap diri menghadapi kejadian-kejadian yang dapat mengganggu stabilitas Kamtibmas.

Komandan Lanud SAM Letkol Pnb Bambang Sudewo menegaskan simulasi kali ini digelar guna mempersiapkan melatih anggota Lanud SAM agar tetap bersiaga akan adanya kemungkinan aksi mendadak dari para pendemo. “Kita tidak menginginkan adanya demonstrasi yang menduduki mako (markas komando). Untuk itu kita mensiagakan personil, melatih dan mendisiplinkan anggota guna mengantisipasi dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas masing-masing mengatasi aksi demo yang sewaktu-waktu bisa terjadi” . Tambah Danlanud SAM.

Latihan terlaksana dalam waktu singkat dan berjalan lancar dan aman serta diakhiri dengan doa.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel